Salin Artikel

Bakal Diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota UEA, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Bisa Menampung 10.000 Jemaah

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kementerian Agama Kota Solo meninjau progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022).

Teguh bersama rombongan dengan didampingi Project Manager Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dari PT Waskita Adriansyah Perdana berkesempatan berkeliling masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, pembangunan masjid yang rencana diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan memasuki finishing atau tahap akhir.

"Kemarin yang dilaporkan pas rapat dengan Setpres dari Waskita ini 91,22 persen. Jadi memang secara fisik dalam minggu ke depan selesai," kata Teguh, di sela-sela meninjau pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, pada Rabu.

Pihaknya berharap Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota UEA Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan pada 17 November 2022 tersebut selesai tepat waktu.

"Harusnya (selesai pembangunannya) sesuai jadwal. H-3 (peresmian) ini sudah klir, pagarnya sudah dibuka," terang Teguh.

Project Manager Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dari PT Waskita Adriansyah Perdana optimistis pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed selesai tepat waktu.

Pihaknya terus berupaya menyelesaikan sisa waktu pengerjaan sebelum diresmikan pada 17 November 2022.


Saat ini, proses pengerjaan masjid tinggal menyisahkan pembersihan marmer dan pemasangan ornamen.

"Dengan target peresmian 17 November nanti kami optimis dan berupaya semaksimal mungkin agar ini bisa terealisasi," kata Andriansyah.

Dia mengatakan, tidak ada kendala yang menonjol selama proses pembangunan masjid.

Meski cuaca yang belakangan sering turun hujan tidak begitu berdampak terhadap proyek pembangunan masjid.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mampu menampung hingga 10.000 jemaah.

Adapun fasilitas Masjid Raya Sheikh Zayed Solo antara lain perpustakaan, ruang pengelola, ruang transit VIP, ruang wudlu, kamar mandi (toilet), ruang terbuka hijau dan lain-lain.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/19/114117778/bakal-diresmikan-presiden-jokowi-dan-putra-mahkota-uea-masjid-raya-sheikh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke