Salin Artikel

73 Perusahaan Penerima KITE IKM di Jateng DIY Dibebaskan Bayar Bea Masuk hingga PPN

SEMARANG, KOMPAS.com- Sebanyak 73 perusahaan yang menerima fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) dari Bea Cukai, dibebaskan membayar bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), hingga pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Cahya Nugraha mengatakan KITE IKM sengaja diberikan untuk mempermudah impor bahan baku suatu perusahaan yang nantinya memproduksi barang ekspor.

“Supaya nanti ada peningkatan di devisa ekspornya. Kalau devisa ekspor naik, cadangan devisa negara kita tinggi. Kalau cadangan devisa tinggi, maka nilai tukar rupiah menguat,” terang Cahya kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Sementara produksi barang yang tujuannya dipasarkan dalam negeri, maka bahan baku tetap dikenakan bayar bea masuk dan pajak.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi salah penerima fasilitas KITE IKM, PT Apparel One Indonesia di Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW).

General Manajer perusahaan manufaktur yang memproduksi brand ternama Adidas itu, Asfar Rajulan mengakui banyak keuntungan yang diperoleh dari KITE IKM.

Mulai dari efisiensi waktu pengiriman barang, harga lebih kompetitif, kerja sama antara berbagai perusahaan, hingga cash flow dan jadwal produksi yang lebih aman.

Seperti halnya dalam pengiriman bahan baku, penerima fasilitas KITE IKM tidak perlu melalui pemeriksaan fisik pada barang impor yang tiba di Tempat Penimbunan Sementara (TPS). Barang tersebut langsung menuju pabrik.

Di samping itu, program ini didorong untuk menangani tingginya angka pengangguran di Jateng.

Bila perusahaan yang menerima fasilitas KITE IKM sukses berkembang, maka peluang penyerapan tenaga kerja bertambah besar pula.

“Kami memiliki sekitar 6.500 dari tiga pabrik yang berada di KIW,” terang Asfar.

Lebih lanjut, Cahya menjelaskan adanya multi player effect dalam KITE IKM. Berbagai perusahaan lainnya yang berbisnis dengan para penerima fasilitas itu akan mendapat dampak positif.

“Perusahaan lain yang terkait dengan PT Apparel, misalnya kemasan plastik ataupun karton, itukan bisa dibeli dari industri dalam negeri ini,” imbuh Cahya.

Sebagai Informasi, penerima fasilitas KITE IKM terbanyak di Surakarta sejumlah 21 industri. Lalu diikuti Yogyakarta 15 industri, Semarang 14 industri, Purwokerto 12 industri, Kudus 10 industri, Magelang 1 industri.

“Jadi bea masuk ditangguhkan, tapi ada multi layer efek yang ditimbulkan,” pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/210037578/73-perusahaan-penerima-kite-ikm-di-jateng-diy-dibebaskan-bayar-bea-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke