Salin Artikel

Saat Isu Ijazah Palsu RI 1 Ditertawakan Teman Kuliah Jokowi dan Ditepis Kawan SMA...

KOMPAS.com - Isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menjadi perbincangan.

Kabar ijazah palsu Jokowi diembuskan oleh seseorang bernama Bambang Tri Mulyono. Ia melayangkan gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dalam gugatannya, Bambang menyebutkan bahwa Jokowi menggunakan ijazah palsu saat mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Adanya isu tersebut mengundang reaksi dari teman-teman Jokowi semasa sekolah hingga kuliah. Guru-gurunya pun turut bersuara.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Minggu (16/10/2022), RI 1 menyempatkan untuk menemui teman-teman kuliahnya di sebuah coffee shop di Royal Ambarrukmo.

Salah satu teman kuliah Jokowi, Erwansyah, mengatakan, pertemuan itu menjadi ajang temu kangen. Jokowi dan teman-teman berbagi kenangan semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menurut Erwansyah, dalam pertemuan tersebut turut dibahas sejumlah topik, salah satunya soal isu ijazah palsu Jokowi.

"Di sela-sela tadi juga kami sempat singgung soal ijazah palsu. Ya kami hanya mentertawakan saja," ucapnya, Minggu.

Jokowi, terang Erwansyah, terlihat sangat rileks dalam menghadapi isu yang diyakini hoaks tersebut.

Teman-teman SMA Jokowi juga turut bersuara soal kabar itu. Jokowi diketahui merupakan alumnus SMAN 6 Solo tahun angkatan 1980.

Kawan satu angkatan Jokowi, Ria Tri Rasmani, menuturkan, dirinya dan teman-teman satu angkatannya terpanggil untuk meluruskan isu tersebut.

"Kami merasa terpanggil untuk ikut menjelaskan dan juga meluruskan kami semua ini adalah terutama di belakang ini adalah teman-teman seangkatan beliau. Jadi, kami ikut gelisah dan juga terpanggil untuk meng-counter ijazah palsu ini," ungkapnya di SMAN 6 Solo, Jawa Tengah, Senin (17/10/2022).

Ria menerangkan, apabila ijazah Jokowi diragukan keasliannya, maka ijazah teman-teman satu angkatannya juga diragukan. Oleh karenanya, Ria dan teman satu angkatannya mengaku memiliki tanggung jawab moral untuk meluruskan isu itu.

"Karena ijazahnya beliau itu diragukan kami semua ini juga ijazahnya juga diragukan. Jadi, kami semua ikut bertanggung jawab secara moral untuk mengklarifikasi dan juga meluruskan," tuturnya.

Guru SMA Jokowi, Sri Hariyadi Ningsih, ikut memberikan kesaksian.

Perempuan yang kerap disapa Ning ini menjelaskan, dirinya mengajar Jokowi di SMAN 6 Solo mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

Waktu itu, jelasnya, SMAN 6 Solo masih bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP).

"Saya ingin bersaksi bahwasanya mulai mengajar di SMAN 6 Solo dulunya SMPP. Saya mengajar angkatan Pak Jokowi dari kelas 1 sampai kelas 2 sampai dengan kelas 3. Jadi saya mengajar siswa di tahun angkatannya beliau itu selama tiga tahun," jelasnya.


Tak hanya teman SMA, teman SD Jokowi pun mencoba berbagi kisah soal pengalaman sekelas bersama Jokowi.

Sunarsih (62) menyampaikan, dirinya dan Jokowi lulus dari SDN 111 Tirtoyoso Solo pada tahun 1973.

Selama sekelas dengan pria yang kini menjadi Presiden Republik Indonesia itu, Sunarsih menceritakan bahwa Jokowi merupakan anak yang tak banyak bicara. Ia juga berperilaku tenang.

"Memang orangnya dari kecil halus ya, kalem, pendiam. Jadi tenang begitu lho anaknya," terangnya saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Sebagai orang yang menyaksikan perjalanan akademik Jokowi sewaktu SD, Sunarsih mengungkapkan bahwa tidak ada alasan bagi orang seperti Jokowi untuk memalsukan ijazahnya sendiri.

"Bukankah memalsukan ijazah itu harganya mahal? Padahal, hidup kita saat itu pas-pasan. Zaman dulu kan susah," bebernya.

Soal kabar miring tersebut, Rektor UGM Ova Emilia menegaskan bahwa ijazah strata-1 (S-1) milik Jokowi adalah asli.

"Pertama, Bapak Ir Jokowi adalah alumni Prodi S1 di Fakultas Kehutanan UGM angkatan tahun 1980," tandasnya dalam jumpa pers, Selasa (11/10/2022).

Ova menambahkan, Jokowi dinyatakan lulus dari UGM pada 1985, sesuai dengan ketentuan dan bukti kelulusan sesuai yang kampus miliki.

"Kami meyakini mengenai keaslian ijzah sarjana S-1 Ir Joko Widodo dan yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM," lanjutnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Fabian Januarius Kuwado; Kontributor Solo, Labib Zamani; Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus, Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2022/10/17/230638678/saat-isu-ijazah-palsu-ri-1-ditertawakan-teman-kuliah-jokowi-dan-ditepis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke