Salin Artikel

Cerita Cahayu Koma 3 Hari Pasca-tragedi Kanjuruhan, Alami Pendarahan Otak Hingga Gangguan Ingatan

KOMPAS.com - Gadis bernama Cahayu Nur Dewata (16) menjadi salah satu korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan hingga kini belum pulih sepenuhnya.

Mulai dari mata Cahayu yang masih memerah, tangan kanan yang sulit digerakkan, sempat berteriak histeris hingga mengalami gangguan ingatan.

Nurul Laily Trilestari, Ibu dari Cahayu menceritakan, dari hasil pemeriksaan medis, anaknya mengalami pendarahan di otak diduga akibat terinjak-injak saat tragedi Kanjuruhan.

Anak perempuannya tersebut sempat mengalami koma selama tiga hari di RSUD Kanjuruhan.

"Koma tiga hari, sekarang sudah agak mendingan, tapi belum ingat semua anaknya," katanya.

Tidak hanya itu, ingatan Cahayu juga belum pulih sepenuhnya. Pasalnya Cahayu tidak ingat skor akhir laga Arema vs Persebaya yang dia saksikan pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Ketika sang ibu memperlihatkan foto-foto masa kecilnya, Cahayu baru mengingat momen sewaktu SD dan TK saja.

"Kalau kejadian yang baru-baru belum ingat dia, baru yang waktu SD, TK itu," ujarnya dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

Saat gadis ini mendapatkan kunjungan, dia justru merasa gelisah dan tidak nyaman. Nurul juga menyebut, Cahayu sempat berteriak-teriak histeris saat pejabat RSUD Kanjuruhan berkunjung.

"Suka ngomong sendiri, mengigau mungkin masih terbayang-bayang, sempat itu ada kunjungan pejabat datang, dia teriak," katanya.

Cahayu berhasil ditemukan usai tragedi Kanjuruhan melalui media sosial Facebook.

"Ada orang yang menolong katanya terinjak-injak, ketemunya di RS Wava Husada, anak saya nomor satu lihat dari postingan Facebook, terus langsung ke Kanjuruhan," kata dia.

Ketika dirawat di RSUD Kanjuruhan, Cahayu menggunakan alat bantu pernapasan. Tubuhnya lemas, matanya merah sampai sekarang.

Meski kondisi Cahayu membaik, kini putrinya masih bisa melihat dengan jelas diduga akibat terkena gas air mata. "Tangannya masih susah digerakkan sama ingatannya masih terbatas dan buat melihat masih agak buram," kata Nurul pilu.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 132 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan usai laga antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022).

Kemudian 576 orang mengalami luka ringan dan sedang dan 26 lainnya terluka berat. Polisi telah menetapkan enam orang tersangka dalam tragedi tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Malang dan Batu, Nugraha Perdana | Editor Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2022/10/13/195726678/cerita-cahayu-koma-3-hari-pasca-tragedi-kanjuruhan-alami-pendarahan-otak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke