Salin Artikel

Banjir dan Longsor di Lebak Banten, 124 Rumah Rusak, 5 Jembatan Putus

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mencatat total total ada 655 rumah terendam banjir dan 124 di antaranya mengalami kerusakan.

Sebaran banjir ada di Kecamatan Bayah, Cibeber, Cilograng, Panggarangan, Cigemblong dan Sajira.

"Rumah rusak akibat banjir dan longsor ada 14 rumah mengalami rusak berat, 16 rumah rusak sedang dan 94 rumah rusak ringan," kata Febby kepada wartawan di Rangkasbitung, Kamis (13/10/2022).

Menurut Febby penyebab banjir itu adalah karena cuaca ekstrem dimana intensitas hujan cukup tinggi sehingga membuat sungai meluap.

Sungai yang meluap antara lain Cimadur, Cibareno, Cisiih, Cicantra dan Peucang Pari. Rata-rata pemukiman yang banjir berada di bantaran sungai tersebut.

Selain rumah, enam jembatan juga dilaporkan putus terseret arus sungai, titik lokasi jembatan putus ada di Bayah, Cilograng, Sajira, Cijaku dan Cibeber.

"Kita mencatat yang paling parah tentu ambruknya jembatan Cimancak yang menghubungkan Desa Cimancak dan Bayah Timur," kata Febby.

Sementara untuk titik longsor sebagian besar berada di Cibeber dimana jalan provinsi putus tertimbun longsor.

Terkait cuaca ekstrem, Febby mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap bencana banjir atau longsor yang kemungkinan akan terjadi.

"Karena potensi cuaca ektrem masih tetap berlangsung hingga 15 Oktober 2022 mendatang," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/13/154951778/banjir-dan-longsor-di-lebak-banten-124-rumah-rusak-5-jembatan-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke