Salin Artikel

Bakal Terkoneksi Tol Serang Panimbang, RSU Adhiyaksa Mulai Dibangun Awal 2023

SERANG, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung Republik Indonesia akan membangun rumah sakit umum (RSU) Adhiyaksa di tanah rampasan kasus Tindak Pidana Korupsi di Desa Silebu, Kecamatan Keragilan, Kabupaten Serang, Banten.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan Rumah Sakit Umum Adhiyaksa Banten, Reda Manthovani mengatakan, pembangunan akan dimulai pada Februari 2023 mendatang.

"Jadi saat ini kita sedang menyiapkan pematangan tanah dan sedang mengajukan permohonan perizinannya," kata Reda usai bertemu dengan Pj Gubernur Banten Al Muktabar di Kota Serang. Senin (10/10/2022).

Reda menjelaskan, lahan yang akan dipergunakan RSU Adhiyaksa merupakan tanah hasil Rampasan Negara berupa 58 bidang tanah darat Sertifikat Hak Milik (SHM) dengan luas seluruhnya 96.349 meter persegi dan ditambah 30.000 meter persegi lahan bantuan dari Pemda di Banten.

Jika lahan sudah siap dan perijinan sudah didapatkan. Maka, kata Reda, Kejagung akan memulai pembangunan dengan menyiapkan dana sebesar Rp500 miliar.

"Atas pesetujuan Kementrian Keuangan, kami menyiakan kurang lebih Rp500 miliar melalui multiyears. Ditahaun 2024 alat kesehatan dan kebutuhan lainnya itu akan dikucurkan juga melalui program kerjasama dengan luar negeri atau pemerintah pusat," ujar Reda.

Mantan Kajati Banten itu mengungkapkan, RSU Adhiyaksa dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banten dan juga dipergunakan untuk tugas dan fungsi kejaskaan.

Reda menyebut, rumah sakit akan dilengkapi dengan ruang pemeriksan forensik, trauma center dan rehabilitasi narkotika.

"Rumah sakit juga akan digunakan kekhususan tugas dan fungsi kejaksaan, tapi secara umum untuk pelayanan masyarakat," ujar dia.

Terkoneksi tol Serpan

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, akan mendukung dan membantu pembangunan RSU Adhiyaksa dengan melakukan Feasibility Study (FS) lahan. Sebab, RSU nantinya akan terkoneksi dengan ruas tol Serang Panimbang.

"Kita melakukan FS karena (RSU Adhiyaksa) terkonketifitas ke jalan tol Serang Panimbang. Sehingga perlu kita mendapat fasilitas exit tol pas didepan rumah sakit," kata Al Muktabar.

Al menambahkan, Pemprov Banten bersama Pemkab Serang akan mendukung dan menyiapkan di sekitar RSU Adhiyaksa menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

"Dalam rangka tambahan layanan kesehatan di Banyen dengan keberadaan RSU Adhiyaksa menjadi jalan untuk terus memberikan layanan kepada masyarakat," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/10/162812378/bakal-terkoneksi-tol-serang-panimbang-rsu-adhiyaksa-mulai-dibangun-awal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke