Salin Artikel

Saat Peserta Audisi Nyong dan Nona Alor Sebut "Stunting" Spot Wisata

Video itu viral di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, Sabtu (8/10/2022).

Dalam video berdurasi 1 menit 20 detik itu memperlihatkan sepasang remaja pria dan wanita asal Kecamatan Alor Tengah Utara, yang menjadi peserta audisi berdiri di panggung bersama peserta dari kecamatan lainnya.

"Jawab pertanyaan nomor 25, apa penyebab utama terjadinya stunting? Sekali lagi apa penyebab utama terjadinya stunting? Silakan," ucap penanya kepada peserta.

Remaja pria yang diketahui bernama Nelson, langsung menjawab stunting merupakan sebuah spot wisata.

"Ya baik, terima kasih saya akan menjawab. Stunting ialah salah satu spot wisata," kata Nelson, yang disambut gelak tawa penonton.

Menurut Nelson, stunting sebagai spot wisata yang dimiliki oleh salah satu daerah, dengan destinasi-destinasi wisata yang dapat memberikan pesona alam yang baik, bagi suatu daerah tertentu.

Pembawa acara pun mengajak penonton untuk bertepuk tangan atas jawaban Nelson.

"Tepuk tangan buat kecamatan Alor Tengah Utara. Dan ini sedikit informasi buat kita, jadi stunting itu berkaitan dengan gizi buruk. Ya tidak apa-apa yang penting dia sudah jawab dan yang penting percaya dirinya itu terus dipertahankan," kata pembawa acara.

Terkait hal itu, Bupati Alor Amon Djobo, mengaku kecewa dengan jawaban Nelson.


Amon akan segera menegur kepada Kepala Dinas Pariwisata sebagai penyelenggara, panitia pelaksana Expo Alor 2022, serta kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Alor.

"Kita sangat sesalkan ini, sehingga saya akan tegur dinas terkait," ujar Amon, saat dihubungi sejumlah wartawan, Sabtu (9/10/2022).

Amon menyebutkan, jawaban dari Nelson bukan harus menjadi bahan tertawaan.

Menurutnya, jawaban dari peserta audisi Nona dan Nyong Alor itu sebagai tanda kurangnya edukasi dan pemahaman masyarakat, terhadap arti kata stunting.

Dia berharap, dinas terkait segera sosialisasi tentang stunting sehingga bisa dipahami oleh masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/09/085229478/saat-peserta-audisi-nyong-dan-nona-alor-sebut-stunting-spot-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke