Salin Artikel

Tujuh Pekerja Pemasangan Kabel Optik di Kalsel Tersengat Listrik, 2 Tewas

TANJUNG, KOMPAS.com - Tujuh pekerja pemasangan kabel optik di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) tersengat listrik, Jumat (7/10/2022).

Akibat kejadian itu, dua orang tewas tempat kejadian sementara lima lainnya mengalami luka bakar serius dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat.

Kepala Sub Seksi Penerangan Masyarakat Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama mengatakan, sebelum kejadian, ketujuh pekerja itu bermaksud memasang tiang setinggi 9 meter.

Namun tanpa diduga, tiang yang mereka pasang mengenai kabel yang teraliri listrik.

"Kejadian bermula saat ketujuh pekerja akan memasang tiang besi setinggi 9,2 meter. Dua korban meninggal dunia sedangkan 5 orang luka berat," ujar Aipda Irawan Yudha Pratama dalam keterangannya yang diterima, Jumat malam.

Usai menerima laporan adanya pekerja yang tersengat listrik, petugas Polres Tabalong langsung menuju lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Hasilnya, ditemukan kelalaian dari pengawas berinisial EIS yang membiarkan para pekerjanya bekerja tidak sesuai prosedur.

"Pihak perusahaan telah menyiapkan peralatan pengaman diri berupa helm, sepatu boot dan rompi, namun EIS selaku penanggung jawab di lapangan tidak memberikan teguran dan tidak memberikan arahan sebelum memulai pekerjaan," jelasnya.

Karena kelalaiannya, EIS langsung ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan di Polres Tabalong.

"EIS dijadikan tersangka dengan dugaan karena lalai atau kealpaannya sehingga menyebabkan orang lain mati. Dia terancam hukuman paling lama 5 tahun," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/205347778/tujuh-pekerja-pemasangan-kabel-optik-di-kalsel-tersengat-listrik-2-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke