Salin Artikel

Diguyur Hujan Lebat, Banjir dan Longsor Kepung Banyumas

BANYUMAS, KOMPAS.com - Bencana banjir dan longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2022) sore.

Bencana tersebut terjadi akibat hujan lebat dengan durasi lebih empat jam yang terjadi di wilayah Banyumas sejak Jumat siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Budi Nugoroho mengatakan, hasil pendataan sementara, banjir terjadi di tujuh desa yang tersebar di enam kecamatan.

Sedangkan bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di 12 desa yang tersebar di tujuh kecamatan.

"Sudah dilakukan asesmen di beberapa titik. Itu data sementara," kata Budi, melalui pesan singkat, Jumat malam.

Budi memaparkan, bencana banjir terjadi di Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati, Desa Panusupan, Kecamatan Cilongok.

Kemudian, di Desa Sawangan, Kecamatan Patikraja serta dua desa di Kecamatan Sumpiuh, yaitu Desa Selandaka dan Kaeanggedang.

Bencana tanah longsor terbanyak terjadi di Kecamatan Cilongok, yaitu Desa Cipete, Desa Karanglo serta dua titik masing-masing di Desa Gununglurah dan Sokawera.

Longsor juga terjadi di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Desa Kutaliman, Kecamatan Kedungbanteng, Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, dan Desa Somagede, Kecamatan Somagede.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap Rendi Krisnawan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Hujan masih berpotensi terjadi di Banyumas hingga malam hari.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, dan jalan licin," kata Rendi.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/204927778/diguyur-hujan-lebat-banjir-dan-longsor-kepung-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke