Salin Artikel

Cerita Warung Sedekah Dhuafa di Solo: Sehari Bagikan Seribu Porsi Makanan Gratis

SOLO, KOMPAS.com - Seribu porsi makanan dibagikan secara gratis di Warung Sedekah Dhuafa, Kota Solo, Jawa Tengah.

Terpantau, di warung yang terletak di samping timur kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Solo itu terlihat antrean pengambilan makanan yang dibuka sejak pukul 10.00 hingga 16.00 WIB, setiap harinya, kecuali hari Minggu dan tanggal merah.

"Kalau saat ini, bisa mencapai 1.000 porsi makanan yang dibagikan," jelas Pengelola Warung Sedekah Dhuafa, Nanik Iqbal, Jumat (7/10/2022).

Kegiatan sedekah untuk masyarakat umum ini telah berlangsung sejak sebulan lalu, berasal dari program CSR PT SHA Solo.

Bahkan, setiap harinya para masyarakat terbantu dengan rumah sedekah ini. Terlihat dari, di awal dibukanya hanya menyediakan 500 porsi kini telah bertambah hingga 100 persennya.

"Dulu, awal-awal mungkin baru sekitar 500 porsi ya karena belum banyak dikenal masyarakat. Namun, untuk saat ini sudah mencapai kurang lebih 1.000 porsi dalam sehari dibuka," ungkap Nanik.

Mayoritas masyarakat kurang mampu mendatangi tempat tersebut. Seribuan orang ini dari berbagai profesi, juru parkir, pengayuh becak, ojek online (ojol) dan masih banyak yang lain.

Dalam pengelolaan sajian makanan, Nanik mengaku dibantu 12 orang, mulai dari tukang masak, pencuci piring, tukang saji dan pengatur antrian.

Setiap harinya menu di Warung Sedekah Dhuafa selalu berganti-ganti untuk menghindari kebosanan. Mulai dari soto sulung, sayur asem Jakarta, sayur ndeso, sayur lodeh dan masih banyak yang lain.

"Kalau masalah lauk, juga macam-macam. Ada tahu, tempe, telur, kerupuk hingga ayam," ungkapnya.

Tak hanya makanan, lanjutnya, pihaknya sering juga membagikan sayuran dari para donatur kepada masyarakat. Sehingga, wujud sedekah tidak hanya dalam bentuk makanan.

Lanjut Nanik, pihaknya juga terbuka atas donatur lain yang ingin membantu kegiatan berbagi ini.

"Intinya, kegiatan ini bertujuan positif. Monggo siapa saja yang ingin bergabung kami terbuka," katanya.

Sementara itu, pengunjung Warung Sedekah Dhuafa, Didit, mengaku sangat terbantu dengan aksi sedekah, mengingat bisa membantu menekan pengeluaran biaya makan.

"Sangat membantu. Kita bekerja di lapangan, tentu untuk makan ini menjadi pengeluaran tetap ya," kata Didit disela-sela melakukan antrean pengambilan makan, Jumat (7/10/2022).

Selain dia, banyak dari masyarakat juga terbantu dengan adanya Warung Sedekah Dhuafa tersebut. Sebab, bisanya adanya progam berbagi makanan hanya ia jumpai pada hari Jumat saja.

"Warung Sedekah ini sangat bermanfaat sekali," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/171250778/cerita-warung-sedekah-dhuafa-di-solo-sehari-bagikan-seribu-porsi-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke