Salin Artikel

Peserta Turnamen Ironman 70.3 dari Berbagai Negara Disambut Gendang Belek Saat Tiba di Lombok

Turnamen Ironman 70.3 adalah serangkaian kompetisi Triathlon jarak jauh, mulai dari renang, lari, hingga bersepeda.

Kepala Dinas Pariwisata, Yusron Hadi menyambut kedatangan para peserta di pintu kedatangan Bandara Internasional Lombok, Jumat (7/10/2022).

Kedatangan mereka disambut tarian Gendang Belek, sebuah pertunjukan tradisional penyambutan tamu. Pertunjukan ini juga pernah disajikan untuk menyambut kedatangan peserta MotoGP di Mandalika Lombok.

Yusron Hadi menjelaskan, ada 33 negara termasuk Indonesia berpartisipasi dalam agenda tersebut dengan jumlah peserta 406 orang. Sebanyak 156 di antaranya adalah Warga Negara Asing (WNA).

"Kita sudah menyiapkan untuk menyambut peserta yang berdatangan. Peserta yang hadir memang di bawah yang ditargetkan seribu orang, yang hadir 406 peserta, karena beberapa faktor, salah satunya karena baru saja usai pandemi, jadi kita tetap yakin ini bisa berjalan lancar," terang Yusron.

Yusron menjelaskan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Ironman 70.3.

Dispar juga mengapresiasi dukungan dari seluruh kabupaten kota se-NTB, yang berpartisipasi membantu agenda internasional tersebut.

"Kita berharap event olahraga ini bisa menjadi acuan untuk pelaksanaan PON nanti, bahwa NTB sudah siap menjadi tuan rumah, semoga ini berjalan lancar," katanya.


Kapolres Kota Mataram, Kombes Pol Mustofa mengaku telah menyiapkan ratusan personel untuk mengamankan pelaksanaan Ironman 70.3 di Lombok.

Aparat juga berharap kerja sama dan dukungan masyarakat agar agenda berjalan sesuai harapan.

Selama pelaksanaan kegiatan, beberapa ruas jalan ditutup sementara untuk publik mulai pukul 05.00 Wita hingga 16.00 Wita.

Penutupan dimulai dari Hotel Holiday, Senggigi Lombok Barat- Jalan Raya Meninting- Jalan Raya Saleh Sungkar -Jalan Niaga- Jalan Energi - Jalan Ragi Genep (Cakranegara) - Jalan Raya Banjar Getas- Bundaran Metro Mataram atau Tembolak atau jalur by pass menuju Bandara Internasional Lombok.

Jalan hanya bisa dilalui oleh pekerja atau karyawan yang melaksanakan kegiatan di sekitar rute pelaksanaan kegiatan Ironman Lombok.

Masyarakat yang berdomisili di kawasan tersebut bisa melintas dengan menunjukkan identitas.

Kendaraan logistik serta ambulans yang menuju rumah sakit, serta mereka yang hendak menuju Bandara Lombok juga diizinkan melintas.

"Kita berharap masyarakat turut membantu agar event ini bisa terlaksana dan lancar, dan diharapkan mereka sudah mengetahui mana saja jalur yang tidak bisa dilalui," kata Mustofa.

Dalam kegiatan Ironman 70.3 nanti, para peserta akan menjajal kemampuan dengan menempuh jarak 113,1 kilometer dengan tiga tahapan sekaligus, mulai dengan berenang sejauh 1,9 kilometer.

Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90,1 kilometer dan berlari sejauh 21,1 kilometer hingga garis finish.

Kamis malam (6/10/2022), Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut kedatangan para peserta olahraga Triathlon Ironman 70.3 Lombok 2022 pada acara Welcome Dinner di Holiday Resort Lombok, Kabupatan Lombok Barat.

"Mudah-mudahan Bapak/Ibu enjoy di sini, dan tidak hanya menikmati event Ironman, tetapi juga event-event lainnya,” katanya Zulkieflimansyah.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/150655178/peserta-turnamen-ironman-703-dari-berbagai-negara-disambut-gendang-belek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke