Salin Artikel

Pedagang Pasar Keluhkan Pasar Bocor, Kumuh, hingga Lampu Mati, Bupati Purworejo Tegur Pengelola

Keluhan tersebut disampaikan pedagang saat Bupati Purworejo Agus Bastian melakukan sidak infrastrukur dan ketertiban Pasar Kutoarjo, Kamis (6/10/2022).

Mundiarti salah satu pedagang mengaku, keadaan tersebut diperparah dengan rusaknya beberapa fasilitas pasar. Akibatnya semakin banyak pedagang kaki lima yang berjualan di luar pasar.

"Pak Bupati, mbok pasar ini dibangun lagi. Satu lantai saja. Jadi harapannya dagangan jadi ramai. Kondisi sekarang sepi, apalagi banyak pedagang yang jualan diluar," ujar Mundiarti mengeluh kepada Bupati.

Kebocoran atap pasar ini dikeluhkan pedang di lantai dua Pasar Kutoarjo. Keadaan ini diperparah dengan matinya lampu penerangan pasar.

Para pedagang juga menginginkan agar pasar yang dibangun pada 1997 itu dapat dibangun kembali menjadi hanya satu lantai.

Mundiarti berharap, dengan hanya dibangun satu lantai para pedagang akan berkumpul menjadi satu dan para pembeli juga mudah.

"Kebanyakan pembeli memilih untuk tidak naik ke lantai dua. Apalagi dengan semakin banyaknya pedagang yang menggelar lapak di pinggir jalan sekitar luar pasar, dagangan kita semakin sepi pembeli," katanya.

Menanggapi hal itu, bupati meminta pedagang untuk bersabar karena kondisi ekonomi saat ini memang sedang sulit akibat inflasi. Pihaknya ke depan akan melakukan pembenahan dan penataan pasar menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga menegur kepala pasar agar segera melakukan pembenahan. Tak hanya itu, bupati juga meminta kepala pasar untuk menampung aspirasi pedang yang ada di pasar Kutoarjo.

"Tadi saya lihat kondisi pasar, kumuh, fasilitas umum juga banyak yang rusak. Banyak kios terutama di lantai dua yang pintunya rusak. Lampu juga banyak yang mati. Saya minta pengelola lebih sigap dalam mengelola pasar," tegas Bupati.

Untuk diketahui, perjanjian Hak Guna Bangunan (HGB) atas Hak Pengelolaan (HPL) Pasar Kutoarjo antara Pemkab Purworejo dan PT KBPP berlaku selama 30 tahun dan akan berakhir pada 2028 mendatang.

"Pasar ini kan sewanya sampai tahun 2028, besok akan kita programkan untuk dilakukan pembangunan kembali Pasar Kutoarjo pada tahun 2028. Sementara ini, nantinya akan dilakukan perbaikan dan pembenahan infrastruktur pasar," terang Bupati.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/095857478/pedagang-pasar-keluhkan-pasar-bocor-kumuh-hingga-lampu-mati-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke