Salin Artikel

Banjir di Aceh Utara Meluas ke 10 Kecamatan, Bupati Keluarkan Pernyataan Bencana

Surat Pernyataan Bencana Nomor 360/1656/2022 itu ditandatangani A. Murtala atas nama Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Azwardi.

Dalam surat itu, Bupati Aceh Utara menyatakan pada Rabu (5/10/2022) pukul 07.00 WIB, telah terjadi bencana alam banjir akibat curah hujan yang tinggi sehingga meluapnya air Sungai Krueng Keureuto, Krueng Peuto, Krueng Pirak, Krueng Sawang, Krueng Nisam, dan Krueng Pase, di Kecamatan Pirak Timu, Lhoksukon, Tanah Luas, Samudera, Cot Girek, Muara Batu, Geureudong Pase, Langkahan, Dewantara, Nibong, dan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara.

Dalam surat ini tertulis, banjir merendam 10 kecamatan dari 27 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

“Banjir mengakibatkan terendamnya sarana fasilitas umum, rumah, perkebunan, pertanian. Merusak tanggul dan longsor. Juga menganggu sarana transportasi,” sebut A Murthala, Kamis (6/10/2022).

Saat ini, akses transportasi lintas kecamatan terkendala. Kendaraan roda dua tidak bisa melintas.

Hanya kendaraan berbadan besar yang bisa melewati banjir di badan jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh dan antar kecamatan lainnya.

“Kami terpaksa menaikan sepeda motor ke dalam truk. Agar bisa melintas di lokasi banjir," sebut Mawarti, salah seorang warga di lokasi banjir, Desa Parang Sikureung, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Mulyadi, dihubungi terpisah menyebutkan, polisi dan tim BPBD siaga di badan jalan yang terendam banjir.

“Kami imbau pengendara hati-hati. Jika ragu-ragu sebaiknya bertanya pada petugas yang berada di lokasi. Agar kendaraan tidak mogok dalam banjir,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya diberitakan, banjir dengan ketinggian satu hingga dua meter merendam merendam tujuh kecamatan yaitu Kecamatan Matang Kuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Cot Girek, Samudera,Lhoksukon dan Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Provinsi Aceh.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/06/123210878/banjir-di-aceh-utara-meluas-ke-10-kecamatan-bupati-keluarkan-pernyataan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke