Salin Artikel

Mural #doauntukkanjuruhan di Ngarsopuro Solo: Aksi Damai Sepak Bola Indonesia

Terpantau pada Rabu (5/10/2022) sekitar pukul 20.00 WIB, para muralis mulai menyemprotkan cat pada dinding di Koridor Ngarsopuro, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Pembuatan mural diiringi penyalaan puluhan lilin dan slay bertuliskan AREMA, serta doa dipajangkan untuk para ratusan korban tragedi Kanjuruhan.

Mural ini bertuliskan #doauntukkanjuruhan CUKUP SEKALI, JANGAN TERULANG LAGI !, SATU CINTA SEPAKBOLA INDONESIA.

"Ini pesan damai untuk persepakbolaan di Indonesia. Dengan media mural, setiap harinya dijalan ini ratusan orang lewat. Harapnya, suara-suara perdamaian ini memberi pesan positif untuk kita semua," kata Koordinator Soloissolo, Irul Hidayat, Rabu (5/10/2022).

Mural ini juga disediakan ruang untuk para masyarakat ikut menulis pesan perdamaian.  Hasilnya, banyak masyarakat terlihat merespons untuk bergabung dalam mendukung aksi ini.

Bahkan, masyarakat umum selain dari kalangan suporter banyak yang sengaja berhenti, memotret, dan mendukung adanya aksi ini.

"Semoga bisa membawa kebaikan untuk kita semua. Kita berdoa untuk para korban. Kita berharap ini menjadi langkah-langkah awal supaya semua orang itu menyadari bahwa sepak bola itu sekedar olahraga sportivitas dan kita tidak mengingat ada kejadian seperti ini (Tragedi Kanjuruhan)," kata Pembinaan Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, Rabu (5/10/2022).

Lanjut Ginda, sekaligus Ketua Panitia Pertandingan Persis Solo di Stadion Manahan, mengaku sangat mengapresiasi atas aksi yang dilaksanakan oleh para muralis dan kelompok suporter ini.

"Kita sangat menghormati ya ternyata masyarakat baik itu pencinta maupun masyarakat termasuk seniman-seniman yang kebetulan lagi mengerjakan mural di sepanjang Gatot Subroto, juga mengambil tema ini, sebagai pesan perdamaian," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/06/064923178/mural-doauntukkanjuruhan-di-ngarsopuro-solo-aksi-damai-sepak-bola-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke