Salin Artikel

Usai Banjir Landa Bone Bolango dan Kota Gorontalo, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan

Masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana akibat hujan lebat ini. Terutama, yang berada di wilayah Asparaga, Suwawa, Pinogu, Limboto dan sekitarnya yang terjadi pada Rabu besok hingga Jumat.

“Potensi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir terjadi pada siang hari pada Rabu-Kamis di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango,” kata Supandi Nikolas, forcaster on duty (FOD) BMKG Gorontalo, Selasa (4/10/2022).

Sebelumnya pada Senin siang  hingga malam terjadi banjir bandang di Bulango Utara dengan ketinggian 1-1,5 meter. Kondisi ini memaksa ratusan warga mengungsi ke tempat yang aman. 

Sejumlah kelurahan di Kecamatan Dungingi dan Kota Selatan juga terendam air kiriman dari sungai Bolango.

Pada Rabu (5/10/2022), BMKG memprakirakan potensi hujan lebat di Suwawa, Asparaga, Limboto dan sekitarnya. Di Tibawa dan Pinogu memiliki potensi cuaca berkabut pada malam hingga dini hari.

“Meskipun di Kota Gorontalo tidak berpotensi hujan lebat namun hujan di hulu bisa membawa dampak luapan air,” kata Sayid Mahadir Koordinator Data dan Informasi BMKG Gorontalo.

Suhu antara 23 - 33 derajat Celcius dengan kelembaban antara 60–95 persen. Lalu angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Prakiraan gelombang jalur penyeberangan di Laut Sulawesi Gorontalo Utara kondisi cuaca berawan, arah angin dari timur laut ke timur kecepatan 12-30 km/jam dengan ketinggian gelombang berkisar 0,5 – 1,25 m.

Di Teluk Tomini kondisi cuaca diprakirakan hujan sedang, arah angin dari timur ke tenggara dengan kecepatan 12-30 km/jam, ketinggian gelombang mencapai 0,5 m.

Pada Jumat (7/10/2022) BMKG memberikan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi di wilayah Kwandang dan Sumalata pesisir utara Provinsi Gorontalo.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/194954178/usai-banjir-landa-bone-bolango-dan-kota-gorontalo-bmkg-keluarkan-peringatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke