Salin Artikel

BKSDA Aceh Turunkan Tim Usir Harimau Masuk ke Perkebunan Warga

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh menurunkan tim untuk mengidentifikasi keberadaan harimau yang masuk ke perkebunan warga di Desa Punti Payong, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Sebelumnya, satu induk sapi dilaporkan mati dengan luka di bagian paha dan satu anak sapi dilaporkan hilang.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto, per telepon, Senin (1/10/2022) menyebutkan, dirinya sudah mengirimkan tim lewat kantor BKSDA Kabupaten Aceh Timur.

“Tim itu akan mengidentifikasi, mendeteksi, mengontrol keberadaan harimau itu. Kita ingin pastikan lokasinya, ceritanya dan lain sebagainya. Sehingga langkah yang diambil tim maksimal untuk mengatasi gangguan satwa liar ini,” kata Agus.

Untuk sementara, BKSDA sudah meminta masyarakat di kawasan itu mengandangkan sapi atau hewan ternak lainnya. Sehingga peristiwa yang sama tidak terulang lagi.

“Langkah maksimal kita ambil adalah mengusir harimau itu ke kawasan terjauh yang kita bisa, ke pedalaman hutan. Lokasi kejadian itu kan di hutan juga, hewan ternak di sana itu dilepas begitu saja. Maka, sekarang kita minta ditangkap, dikandangkan dulu sementara,” katanya.

Langkah lain sambung Agus, jika memungkinkan dilakukan penangkapan terhadap harimau tersebut untuk dilepas liarkan ke kawasan terjauh dari hutan.

“Namun itu langkah terakhir. Langkah pertama kita usir dulu, sekarang tim masih di kawasan itu untuk memantau keberadaan harimau tersebut,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/164615378/bksda-aceh-turunkan-tim-usir-harimau-masuk-ke-perkebunan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke