Salin Artikel

Partai Nasdem Sudah Deklarasikan Capres 2024, AHY Minta Kadernya Tenang

Menurut dia, membangun koalisi bukan semata kehendak satu partai, melainkan melibatkan partai lain dan hal itu di luar kendali internal partainya.

AHY mengaku, jajaran Partai Demokrat di tingkat pusat telah berupaya dan membuka ruang untuk koalisi partai lain sesuai dengan harapan.

"Koalisi itu penuh dengan misteri. Sepakat? Karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita. Kita hanya bisa terus berikhtiar. Saya, Sekjen dan semua jajaran di Jakarta berusaha yang terbaik dan selalu terbuka ruang untuk terjadi koalisi seperti yang kita harapkan," papar AHY dalam pidatonya pada acara Pelantikan Ketua dan Pengurus DPC Partai Demokrat Se-Jawa Tengah di Hotel Artos, Magelang, Senin (3/10/2022) sore.

AHY pun meminta kepada jajaran pengurus dan para kader untuk tenang menanggapi, serta menghormati keputusan partai lain yang telah menentukan bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Tahun depan waktunya masih ada sehingga saya berharap para kader juga tetap tenang, tidak usah kita merasa grusah-grusuh, kita hormati, kita hormati partai-partai yang telah menentukan sikapnya," tandas AHY.

Dia menyebutkan, Partai Nasdem telah mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusungnya. AHY mengaku telah menjalin komunikasi dengan partai pimpinan Surya Paloh tersebut, termasuk dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Tadi pagi partai Nasdem contohnya. Mengikuti? Telah mendeklarasikan calon presiden tahun 2024, sudah berkomunikasi juga dengan Demokrat, termasuk PKS di Jakarta, kemarin. Dan kita menghormati sepenuhnya, itu adalah hak dan kedaulatan Partai Nasdem," tandas AHY.

Begitu pula sebaliknya, lanjutnya, Partai Nasdem juga menghormati kedaulatan, proses, dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS.

"Jadi sampai dengan hari ini, suasana dan kebersamaannya masih baik, tapi sekali lagi kita sama-sama terus membangun komunikasi dan silaturahmi semoga ada kebersamaan ke depan," ucap AHY.

AHY meminta jajarannya di daerah untuk tetap bekerja dan fokus menaikkan elektabilitas partai ataupun para calon anggota legislatif (caleg). Pada saat yang tepat, pihaknya akan mengumumkan bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/083125678/partai-nasdem-sudah-deklarasikan-capres-2024-ahy-minta-kadernya-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke