Salin Artikel

Sumedang Raih Penghargaan Pembangunan Terbaik Kedua Tingkat Nasional

KOMPAS.com - Kabupaten Sumedang dinobatkan sebagai kabupaten terbaik kedua dalam perencanaan, pencapaian, dan inovasi pembangunan di tingkat nasional.

Adapun posisi pertama ditempati oleh Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Utara. Sementara, posisi ketiga ditempati oleh Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diumumkan pada acara Anugerah Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) di Gedung Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Piala penghargaan PPD diserahkan secara langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dalam sambutannya, ia turut mengapresiasi Bupati Sumedang yang telah menciptakan berbagai inovasi terkait pembangunan daerah.

"Saya ingin memberi dukungan kepada Bupati Sumedang yang inovasinya luar biasa," ujar Suharso dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (1/10/2022).

Menurut Suharso, inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Bupati Sumedang diharapkan mampu menjawab semua tantangan dan keresahan masyarakat, baik yang tinggal di Kabupaten Sumedang maupun di seluruh penjuru negeri.

"Inovasi yang sudah ada dapat dikembangkan kembali. Kegelisahan (masyarakat) ini mudah-mudahan kita bisa jawab bersama-sama," imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya bersyukur atas capaian yang diraih oleh Kabupaten Sumedang.

"Alhamdulillah, saya bersyukur dan berbahagia mendapatkan penghargaan pembangunan daerah tingkat nasional," kata Dony saat menyampaikan sambutan.

Menurut Dony, pihaknya terus berupaya menggulirkan inovasi dan pembangunan yang berkualitas agar Sumedang dapat berkontribusi untuk kemajuan negara.

"Sumedang dipandang telah bisa memberikan inovasi dan mencapai hasil hasil pembangunan yang baik dan berkualitas bagi kemaslahatan semua (masyarakat Indonesia)," ucap Dony.

Dia pun berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang untuk mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) yang berkualitas. Hal ini penting demi memajukan dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Sumedang.

"Mudah-mudahan dengan penghargaan ini menjadikan motivasi Pemkab Sumedang untuk bisa meningkatkan kinerjanya dan memajukan Sumedang dalam menyejahterkan masyarakat Sumedang," tutur Dony.

Dony turut menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan unsur kepemerintahan Sumedang yang telah bekerja keras bersama untuk membangun Kabupaten Sumedang agar lebih baik.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat, juga unsur pemerintah yang sudah bekerja sama, bekerja keras dan bersama-sama dalam membangun Kabupaten Sumedang," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/01/13120031/sumedang-raih-penghargaan-pembangunan-terbaik-kedua-tingkat-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke