Salin Artikel

Jokowi Bakal Berkunjung November, Pengerjaan Kawasan Pangan Nusantara di Sulteng Mulai Dikebut

Sekretaris Tim Transisi Pembangunan KPN Ridha Saleh mengatakan, dirinya mengeklaim kedatangan orang nomor satu Indonesia itu dipastikan, Hanya dia mengaku belum tahu tanggal pastinya.

Ridha hanya menyatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"Dalam hal ini gubernur sudah menyampaikan langsung kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan," kata Ridha Saleh, dihubungi KOMPAS.com Rabu (28/9/2022).

Ridha melanjutkan, kedatangan Jokowi sudah disampaikan oleh staf khusus presiden maupun sekretaris negara. Rencananya presiden berkunjung setelah agenda KTT G20.

"Karena memang program seperti ini adalah program prioritas dari Pak Jokowi," ujarnya.

Rencananya di lokasi Kawasan Pangan Nusantara itu akan ditanami jagung dengan luas 50 hektare, tanaman Holtikultura 10 hektare, dan Sorgum 40 hektare.

Sorgum merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Timur. Tanaman biji-bijian ini bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis.

"Sorgum bisa tumbuh di kawasan. berdasarkan penelitian kawan-kawan marves dan teman-teman pertanian, bisa di mungkinkan, karena jenis tanahnya seperti jagung," ujar mantan pimpinan Komnas HAM ini.

Saat ini jalan menuju ke kawasan pangan tengah dikebut pengerjaannya. Jalan yang akan dilalui presiden sepanjang 11 kilometer sudah terbuka.

Termasuk lahan 100 hektare yang dipersiapkan untuk penanaman perdana oleh Presiden Joko Widodo juga sementara dikerjakan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/29/065004478/jokowi-bakal-berkunjung-november-pengerjaan-kawasan-pangan-nusantara-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke