Salin Artikel

Viral Video Truk Satpol PP Solo Tabrak Becak Saat Patroli PKL, Ini Kata Kasatpol PP

SOLO, KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan kendaraan operasional Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Jawa Tengah menabrak becak yang berada di belakangnya viral di media sosial (medsos).

Video itu diunggah oleh pemilik akun Instagram @sedulur_solo sekitar tiga jam lalu.

Berdasarkan informasi di akun tersebut, kejadian itu terjadi di depan Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah.

Kepala Satpol PP Kota Solo Arif Darmawan membenarkan peristiwa truk milik Satpol PP Solo mundur dan menabrak becak di Pasar Klewer Solo.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (26/9/2022) siang ketika petugas melaksanakan patroli rutin.

Menurut Arif, kejadian itu sudah dilaporkan ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuning Raka.

"Kejadiannya sudah kami laporkan ke Wali Kota, itu kemarin kejadiannya. Kalau Senin kan kita patroli rutin di Klewer terkait pedagang asongan," kata Arif dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/9/2022).

Arif menjelaskan kawasan depan Pasar Klewer dan Masjid Agung harus steril dari pedagang kaki lima (PKL). Para PKL ini sebelumnya juga sudah diimbau masuk ke dalam pasar.

Tetapi, mereka masih saja memanfaatkan kawasan itu untuk menjajakan dagangannya. Ketika ada petugas Satpol PP melakukan patroli mereka berlarian. Sebenarnya para petugas ingin memberikan pembinaan kepada mereka.

"Selama Covid-19 ini kan kita pembinaan di tempat. Nah dia (PKL) lari terus dikejar mundur karena teman-teman belum sempat turun mundur. Terus ada becak berbelok laporan teman-teman kekunduran truk," kata dia.

Akibat kejadian itu, roda becak bagian kiri bengkok. Namun, kata Arif, becak yang tertabrak truk Satpol PP sudah dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

"Nah itu sudah kami kirim ke kenteng sudah normal sudah selesai," jelas dia.

Pascakejadian itu, jelas Arif, para petugas Satpol PP yang melaksanakan patroli tersebut mendapat pembinaan terkait SOP patroli. Hal ini agar peristiwa kemarin tidak kembali terulang.

"Pada intinya sudah kami berikan pembinaan karena itu menyalahi SOP kita. Teman-teman sudah kita lakukan pembinaan dan membuat pernyataan tidak mengulangi lagi," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/27/132740678/viral-video-truk-satpol-pp-solo-tabrak-becak-saat-patroli-pkl-ini-kata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke