Salin Artikel

Bandara Minangkabau Kembali Layani Penerbangan Internasional

Mulai 1 Oktober 2022, bandara tersebut akan melayani penerbangan maskapai AirAsia dari dan ke Kuala Lumpur.

"BIM kembali membuka rute penerbangan internasional dari dan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Hal ini setelah pihak Air Asia memastikannya," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Siswanto kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Siswanto mengatakan, pada 24 September 2022, AirAsia sudah menyampaikan jadwal resmi penerbangan BIM-KL per Oktober 2022 dengan frekuensi penerbangan sebanyak dua kali per pekan.

Maskapai AirAsia menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan nomor penerbangan AK-403 (KUL-PDG) dan AK-402 (PDG-KUL).

Untuk penerbangan dari Kuala Lumpur, Airasia terbang pukul 07.40-08.50 LT, sedangkan dari BIM ke Kuala Lumpur pukul 08.30-09.40 LT .

Untuk hari penerbangan yaitu Selasa dan Sabtu.

Siswanto menyampaikan, dengan dibukanya kembali rute ini diharapkan kembali akan mendorong gairah ekonomi dan pariwisata Sumatra Barat.


"Seperti yang kita ketahui, sebelum Pandemi Covid-19 rute KL-BIM merupakan satu satunya pintu penerbangan Internasional ke BIM, di mana keterisian seat pesawat udara rute tersebut mencapai 80 persen minimal di setiap penerbangan. Sebelumnya melayani hampir setiap hari dengan 2x penerbangan dalam satu hari,” jelas Siswanto.

Menurut Siswanto, menjelang disetujuinya kembali pembukaan penerbangan internasional oleh Kementerian Perhubungan.

AP2 BIM bersama stake holder terkait telah melaksanakan simulasi untuk menyiapkan layanan yang maksimal bagi pengguna jasa bandara.

Dalam simulasi tersebut seluruh unsur berkolaborasi untuk memastikan semua aspek telah siap dan memenuhi standar/ketentuan yang ditetapkan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/26/120909478/bandara-minangkabau-kembali-layani-penerbangan-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke