Salin Artikel

Gempa Magnitudo 6,4 di Aceh, Terasa dari Meulaboh hingga Aceh Tamiang

Bedasarkan analisis BMKG, kata Andi Azhar Rusdin, Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,75° LU ; 95,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 kilometer arah Selatan Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 53 km.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik," kata Andi.

Menurut Andi, gempa bumi tersebut bedasarkan hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

Sementara guncangan gempa dirasakan mulai dari Meulaboh, Aceh Selatan, dan Nagan Raya , Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, Pidie, Idi, Bireun, Langsa dan Aceh Tamiang.

Kepada masyarakat Andi menghimba agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

"Update gempa susulan, Barat Aceh hingga saat ini terjadi dua kali yaitu M2.6 05:00 WIB dan M2.7 05:09 WIB," ujarnya.

Belum ada laporan kerusakan dan korban terdampak gempa bumi hingga artikel ini ditayangkan. 

https://regional.kompas.com/read/2022/09/24/093056878/gempa-magnitudo-64-di-aceh-terasa-dari-meulaboh-hingga-aceh-tamiang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke