Salin Artikel

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Masjid Baiturrahman dan Gedung MUI Jateng

Peresmian Gedung Dr KH Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh di kantor MUI Jateng dan renovasi bangunan Kawasan Pustaka masjid Raya Baiturrahman Semarang dilangsungkan dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan bedug.

Renovasi kali ini menambah area parkir berkapasitas 229 motor dan 54 mobil. Lalu taman yang dilengkapi dengan air mancur dan kolam, serta pengamanan.

Wapres mengapresiasi kinerja Kementrian PUPR yang telah merampungkan renovasi masjid menjadi ikon penting di setiap daerah.

Ia harap pembangunan itu mampu memakmurkan masjid dan meningkatkan kinerja MUI Jateng. Lalu dapat menambah daya tarik wisata religi di Jateng.

“Ini saya kira bagian dari program pemerintah setelah beberapa masjid yang lain, temasuk Masjid Istiqlal,” katanya.

Selebihnya, Ma’ruf berharap masyarakat dapat beribadah dan beraktivitas dengan nyaman dalam masjid yang terkenal sebagai ikon Kota Semarang dan ikon Jateng itu.

Maruf mengarahkan agar Masjid tersebut tidak jadi tempat ritual ibadah saja. Namun menghidupkannya dengan dakwah, pendidikan, dan kegiatan sosial.

“Selain untuk ibadah, juga tempat pembinaan masyarakat secara menyeluruh. Khususnya masyarakat di sekitar masjid,” imbuh Amin.

Seperti yang telah dicontohnya Rasulullah SAW, keberadaan masjid semestinya ikut mengatasi masalah ekonomi, kesehatan, dan masalah sosial lainnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengadakan pelatihan manajemen masjid untuk memperbaiki tata kelola agar mampu menghidupkan masjid dengan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari pelatihan, dakwah, hingga konseling.

“Banyak masyarakat yang mengalami problem. Mereka kemana bila ingin bertanya solusi? Masjid harus tampil merespons kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Ketua Umum MUI Jateng Ahmad Darodji sepakat. Masjid yang termasuk cagar budaya ini akan Kembali menjadi ikon Jateng seperti awal berdirinya pada 1974.

“Berbagai kegiatan untuk memakmurkan masjid ini insya Allah akan kami gelar, seperti Pelajaran Qiroah dan Tahfidz al-Qur’an, Studi Tafsir, Studi Hadits,” terangnya.

Kemudian mengadakan konsultasi keluarga sakinah, konsultasi dan pemeriksaan kesehatan ringan dengan menghadirkan dokter jaga. Lalu bekerjasama dengan berbagai rumah sakit yang ada di Semarang.

“Dengan demikian masjid akan lebih semarak dan mendatangkan kemanfaatan dan keberkahan bagi jamaah dan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jateng. Taj Yasin Maimoen, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/23/210137478/wapres-maruf-amin-resmikan-masjid-baiturrahman-dan-gedung-mui-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke