Salin Artikel

Wapres Maruf Amin Dorong Desain Besar Olahraga Nasional dan Cetak Atlet Berprestasi

SEMARANG, KOMPAS.com- Wakil Presiden Maruf Amin mendorong pengembangan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan mencetak atlet berprestasi Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam pidato peresmian Gedung Fakultas Farmasi, Rumah Sakit, Rumah Sakit, dan Sport Center di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Kamis (22/9/2022).

“Kita ingin menciptakan masyarakat Indonesia yang bergaya hidup sehat dan aktif. Sekaligus atlet berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di berbagai kompetisi dunia,” tuturnya.

Diketahui, Kiromal Katibin atlet panjat tebing yang mencetak rekor dunia sebanyak lima kali selama 2022 merupakan salah satu mahasiswa aktif Unwahas.

Dengan meningkatkan fasilitas olahraga melalui pembangunan sport center, pihaknya berharap Unwahas dapat melahirkan atlet berprestasi sepertinya.

Sebelumnya, pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Balikpapan pihaknya telah mengajak kolaborasi untuk membangun ekosistem modern dan kondusif untuk mendukung tumbuhnya olahraga nasional.

“Termasuk ajakan mengaplikasikan sport science secara serius,” imbuhnya.

Misi besar yang dirancang dalam peta jalan menuju 2045 itu membutuhkan sinergi pemerintah pusat dan daerah. Selain itu pengusaha, industri, media, akademisi, hingga masyarakat luas.

“Saya harap Unwahas aktif andil mewujudkan kerja besar tersebut,” tegas Maruf Amin.

Ia mendorong perguruan tinggi membangun ekosistem pendidikan kreatif dan inovatif. Sehingga pembangunan infrastruktur sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia.

“Tidak hanya berusia panjang, manfaat ketiganya juga saya harapkan dapat menyentuh banyak pihak, baik civitas academica Universitas Hasyim Semarang, maupun kemaslahatan umat secara nyata,” tutur Wapres.

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Unwahas, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia tentang Pelaksanaan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan dalam Penguatan Pengelolaan Zakat Nasional.

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan prasasti oleh Wapres sebagai tanda Peresmian Gedung Fakultas Farmasi, Rumah Sakit, dan Sport Center Unwahas Semarang.

Di sana juga hadir Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Pengurus Yayasan Wahid Hasyim dan Civitas Academica Unwahas Semarang.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/22/230755078/wapres-maruf-amin-dorong-desain-besar-olahraga-nasional-dan-cetak-atlet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke