Salin Artikel

Amankan Stok dan Harga, Bulog Solo Bangun Pabrik Pengolahan Beras di Sragen

SOLO, KOMPAS.com - Upayakan ketersediaan stok dan kestabilan harga beras di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) bangun infrastruktur pabrik penggilingan dan pengolahan beras Modern Rice Milling Plant (MRPP).

"Untuk itu kami sedang fokus kepada infrastruktur penggilingan dan pengolahan gabah beras di mana saat ini telah dibangun satu unit MRMP di Kabupaten Sragen," ungkap Pimpinan Cabang BULOG Surakarta, Andy Nugroho, pada Kamis (22/9/2022).

Dengan adanya pabrik baru ini, lanjut Andy, penyerapan gabah dari petani akan lebih tinggi dan sebagai upaya menyederhanakan alur proses pengolahan beras.

Alurnya, pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari mesin pengering (dryer), kemudian menggunakan unit penggilingan padi (RMU) sebagai mesin konversi gabah menjadi beras yang dilengkapi teknologi penyortir warna (colour sorter).

"MRMP BULOG Sragen ini dilengkapi dengan mesin pengering berkapasitas 120 ton per hari, RMU berkapasitas 6 ton per jam, dan 3 unit SILO berkapasitas simpan 2.000 ton," ujar dia.

Dengan penguatan infrastruktur ini, BULOG mendukung produksi, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian pangan pokok yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Dan BULOG Solo melalui MRMP Sragen akan mampu meningkatkan daya serap hasil petani lokal di Jawa Tengah khususnya di wilayah Kerasidenan Solo," ujar dia.

Sebagai informasi, MRMP Sragen sudah mulai beroperasi sejak awal Juli 2022 lalu.

Sehingga, ditargetkan dalam waktu dekat MRMP Sragen hampir mencapai 100 persen rampung dan segera diberlakukan secara maksimal.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/22/183053678/amankan-stok-dan-harga-bulog-solo-bangun-pabrik-pengolahan-beras-di-sragen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke