Salin Artikel

Piknik Berujung Maut, Siswa SD Purworejo Tewas Tenggelam di Tempat Wisata Bantul

Lurah Pangen Jurutengah, Widodo mengatakan, korban diidentifikasi bernama Wirajati Sentika (12). Bocah itu tenggelam di kolam renang salah satu tempat wisata di Bantul, Selasa (20/9/2022) sore.

Berdasarkan informasi yang dia himpun dari beberapa pihak Widodo berujar insiden berawal ketika rombongan SDN 2 Pangen Jurutengah berwisata ke Kolam Renang Puri Indah Park yang terletak di Gabusan, setelah perjalanan dari Kasongan dan Taman Pintar.

Setelah selesai berenang, rombongan kemudian mandi lalu berkumpul di bus untuk kembali ke Purworejo. Namun saat diabsen dan dicek oleh biro travel kembali, ternyata korban tidak ada di dalam bus.

"Sebenarnya water boom-nya sudah mau tutup, anak-anak sudah disuruh selesai semua, temannya juga ada yang tahu kalau korban sudah selesai berenang. Nah ini tidak ada yang tahu apakah anak ini kembali lagi, mungkin ada barang yang ketinggalan. Setelah dicek ternyata kurang satu," katanya usai pemakaman korban pada Rabu (21/9/2022).

Setelah diketahui adanya anak yang belum masuk, para guru pendamping dan biro travel mencari keberadaan korban. Tak berselang lama, korban ditemukan sudah dalam kondisi tenggelam di dasar kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

"Tahu-tahu adek itu sudah berada di dasar kolam, kemudian diangkat dan dibawa ke rumah sakit untuk divisum," katanya.

Selesai menjalani visum, kemudian korban dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga, dan dimakamkan di tempat pemakaman umum Soko Kelurahan Pangen Jurutengah.

Widodo menyebut dengan adanya peristiwa itu, seluruh pihak terkait sudah melakukan musyawarah dengan orangtua korban. Hasilnya orangtua korban sudah mengikhlaskan dan tidak akan dilanjutkan ke proses hukum.

"Pihak keluarga sudah menerima sebagai musibah," katanya.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh 50 murid dari kelas 5 dan 6 SDN 2 Pangen Jurutengah. Kegiatan tersebut juga telah mengantongi izin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purworejo dan wali murid siswa.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Dindikbud Kabupaten Purworejo Paryono, saat dihubungi KOMPAS.com, enggan memberikan keterangan lebih lanjut terkait peristiwa yang merenggut bocah berumur 12 tahun tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/21/213415578/piknik-berujung-maut-siswa-sd-purworejo-tewas-tenggelam-di-tempat-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke