Salin Artikel

Iriana Jokowi Dijadwalkan Ikuti Parade Kebaya Peringatan Hari Batik Nasional 2022 di Solo

SOLO, KOMPAS.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri peringatan Hari Batik Nasional 2022 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/10/2022).

Rencananya, kegiatan bertajuk "Berkebaya Bersama Ibu Negara" ini akan diselenggarakan di Jalan Slamet Riyadi (depan Loji Gandrung - Ndalem Wuryaningratan) sekitar pukul 13.30 WIB - 18.00 WIB.

"Ibu Negara Iriana hadir di event Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022).

Gibran mengatakan, dalam peringatan Hari Batik Nasional 2022 ini juga akan dimeriahkan dengan parade kebaya dimulai dari Loji Gandrung sampai Ndalem Wuryaningratan.

Kehadiran Ibu Negara Iriana Jokowi dalam peringatan Hari Batik Nasional 2022 di Solo juga sekaligus untuk mendukung kebaya goes to UNESCO.

"Kehadiran Ibu Negara juga berkaitan dengan kebaya diusulkan ke UNESCO. Rencananya kemarin Ibu Negara beserta istri-istri menteri (datang ke Solo)," terang Gibran.

Terpisah, Ketua Panitia Event, Gusti Raden Ayu (GRAy) Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan, "Berkebaya Bersama Ibu Negara" merupakan gagasan secara langsung Iriana Jokowi.

Pihaknya juga akan mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda sekaligus menetapkan Hari Kebaya Nasional.

"Ketika Ibu Jokowi berkunjung ke Solo itu menyampaikan kepada Ibu Danarsih selaku Ketua Himpunan Ratna Busana 'ibu kebaya ini kan dari Solo kalau bisa ini kita gaungkan bahwa kebaya asli Solo, kebaya dari Solo untuk bisa disebarluaskan," kata Febri.

Dari percakapan Iriana Jokowi dengan Danarsih itu, kata Febri, akhirnya tercetus kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara dalam peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022.

Parade kebaya dimulai dari Loji Gandrung hingga finish di halaman Ndalem Wuryaningratan dengan menyusuri Jalan Slamet Riyadi. Ada sekitar 1.000 perempuan berkebaya yang terlibat dalam acara ini.

"Kebetulan yang daftar ini dari berbagai daerah bukan hanya dari Solo. Ada komunitas, organisasi, perempuan yang cinta kebaya ini datang dari berbagai daerah di Indonesia mendukung program ini," kata Febri.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/21/184701078/iriana-jokowi-dijadwalkan-ikuti-parade-kebaya-peringatan-hari-batik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke