Salin Artikel

Mural Kaesang dan Erina Pakai Busana Jawa Hiasi Pertokoan Jalan Gatot Subroto Solo

Mural putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Puteri Indonesia asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2022 dibuat seniman mural bahagia asal Solo.

Koordinator mural bahagia Solo, Rohmad mengatakan, pembuatan mural Kaesang dan Erina berlangsung sekitar dua pekan dengan melibatkan tiga orang. Pembuatan mural dilakukan setiap malam hari.

Bermula pemilik toko meminta dibuatkan mural busana Jawa sesuai dengan produk yang dijual yakni tata busana adat Jawa. Namun, dirinya belum menemukan karakter yang cocok sebagai model mural busana Jawa.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya dipilihlah Kaesang dan Erina sebagai model dalam karakter mural busana Jawa. Hal ini lantaran pasangan tersebut akan melangsungkan pernikahan pada Desember 2022.

"Kebetulan Mas Kaesang sama Mbak Erina kan mau menikah di bulan Desember 2022, sekalian saja dipasin, digambar di situ buat ngisi wajahnya. Cuma ngepasin momen," kata Rohmad kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022).

Rohmad mengungkapkan proses yang paling sulit dan membutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatan mural Kaesang dan Erina adalah pada bagian wajah.

"Bagian wajah yang paling sulit. Karena harus sesuai," ungkap dia.

Dirinya berharap Kaesang dan Erina senang dengan keberadaan mural mereka dengan memakai busana adat Jawa di pertokoan Kawasan Jalan Gatot Subroto.

"Semoga Mas Kaesang senang. Bisa juga untuk kado pernikahan mereka nanti," jelas Rohmad.

Selain mural Kaesang dan Erina, di kawasan itu juga terdapat mural Presiden Jokowi memakai belangkon atau tutup kepala yang dibuat dari batik dan biasa digunakan kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa.

Kemudian terdapat lukisan mural sang Maestro Keroncong Indonesia yang terkenal melalui lagu "Bengawan Solo", Gesang Martohartono alias Gesang.

Terdapat juga lukisan mural bertema sumpah pemuda, perjuangan, budaya anak muda zaman sekarang, pop culture (budaya populer), dan lukisan mural lain di 40 bangunan rumah toko sepanjang koridor Jalan Gatot Subroto (Gatsu).

Selain menghiasi bangunan bertingkat pusat bisnis itu, keberadaan galeri street art mural tersebut juga menjadi destinasi wisata di sepanjang koridor Gatsu. Tak heran, sepanjang koridor Gatsu menjadi lokasi favorit bagi kawula muda sebagai ajang swafoto.

Sebagai informasi, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dikabarkan akan segera menikah.

Rencana ini diungkap Kaesang Pangarep seusai laga Derbi Jateng Persis Solo Vs PSIS Semarang, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/9/2022).

Bahkan, selain menonton pertandingan, Kaesang mengaku mengecek Stadion Manahan untuk lokasi prewedding mereka.

"Ngecek venue buat prewed," kata Kaesang Pangarep, Sabtu (3/9/2022).

Saat ditanya tanggal prewedding, Kaesang tersipu malu dan tak mau membocorkannya.

Sebelumnya, momen kebersamaan Kaesang dan Erina sempat dibagikan Kahiyang Ayu di media sosial Instagram. Para netizen menduga momen tersebut terjadi saat lamaran.

Dengan caption, "One step closer @kaesangp @erinagudono," tulis Kahiyang di akun @ayanggkahiyang.

Unggahan tersebut membuat banyak orang berkomentar dan memberikan ucapan selamat walaupun belum diketahui maksud dari tulisan Kahiyang.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/20/100726378/mural-kaesang-dan-erina-pakai-busana-jawa-hiasi-pertokoan-jalan-gatot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke