Salin Artikel

Mengenal Bukit Krapyak Mojokerto, Lokasi Hilangnya Pendaki Raffi Dimas, Tempat Kemping di Kaki Gunung Welirang

Ia dan 10 rekannya masuk ke kawasan perkemahan pada Sabtu (10/9/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Lalu mereka mendirikan tenda di petak 24C RPH Claket, BKPH Pacet, KPH Pasuruan.

Pada Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 05.00 WIB, Raffi masih berada di area perkemahan. Namun sejak saat itu, korban tak diketahui keberadaannya.

Pada hari Minggu 10.30 WIN, teman-teman Raffi pun melapor ke loket. Petugas gabungan pun menurunkan puluhan orang untuk mencari Raffi hingga radius 30 km dari titik korban dinyatakan hilang.

Namun setelah 9 hari pencarian, keberadaan Raffi masih misterius. Hingga pencarian Raffi Dimas pun resmi dihentikan pada Senin (19/9/2022).

Lokasi kemping di kaki Gunung Welirang

Bukit Krapyak berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi yang berada di bawah kaki Gunung Welirang tersebut menawarkan pemandangan alam yang masih asri dengan hawa yang dingin.

Saat kemping di Bukit Krapyak, pengunjung bisa menyaksikan sunset serta sunrise yang indah.

Di lokasi tersebut terdapat camping ground yang kerap dimanfaatkan para wisatawan untuk melakukan kegiatan.

Tempat tersebut tak pernah sepi. Terutama saat akhir pekan, arep bukit tersebut dipenuhi dengan tenda.

Tak hanya itu. Dengan memanfaatkan pohon pinus khas pegunungan, pengunjung memasang ayunan atau hammock untuk bersanti menikmati Gunung Welirang.

Selain sunrire dan sunset, sisi timur bukit juga ditumbuhi berbagai macam bunga. Sementara malam hari, wisatawan bisa melihat lampu-lampu pemukiman warga dari ketinggian.

Bukit Krapyak cocok dijelajah oleh pendaki pemula hingga wisata keluarga karena akses ke lokasi serta kondisi tracking menuju puncak tak begitu sulit.

Lokasi camping ground mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau empat karena kawasan Bukit Krapyak dekat dengan pemandian air panas Ubalan Pacet.

Pemandian tersebut cukup terkenal dan bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Mojokerto atau maksimal dua jam dari Surabaya.

Namun akses kendaraan hanya sampai di parkiran, lalu wisatawan harus berjalan kaki sejauh 300 meter menuju pintu masuk Bukit Krapyak.

Ada lebih dari 500 anak tangga yang harus didaki. Kondisinya akan sedikit licin jika musim hujan.

Namun di antara anak tangga sudah disiapkan pegangan buat para pengunjung.

Saat mendaki menuju bukit krapyak, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam kaki gunung Welirang yang eksotis

Jika berencana wisata bareng keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain kondisi cuaca, alangkah baiknya melengkapi logistik atau makanan pribadi.

Apalagi di Kawasan Bukit Krapyak tidak menyediakan perlengkapan camping, sehingga harus membawa perbekalan sendiri.

"Untuk Kawasan campground sangat worth it, tempatnya luas. Kalau ke sini cuaca cerah pemandangannya luar biasa. Kelihatan puncak Gunung Welirang," kata Maulana, pengunjung Bukit Krapyak.

Untuk menikmati keindahan dari Bukit Krapyak, dikenakan biaya parkir Rp 10.000.

Selain itu saat di pintu masuk, wisatawan akan dimintai identitas serta membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang termasuk biaya kemping dan mendirikan tenda.

Sebelumnya akses hanya untuk masyarakat yang ingin berziarah ke Makam Sunan Pangkat.

Hingga saat ini area makam pun tak pernah sepi peziarah setiap hari.

Lambat laun, pembenahan area dilakukan masyarakat dan komunitas APPALA (Arek Padusan Pencinta Alam).

Merekalah yang turun naik ke lokasi untuk merawat serta berusa berinovasi untuk mengembangkan lokasi.

Mereka menambah spot baru yaitu camping ground di area Bukit Krapyak.

Hingga kemudian menjadi spot yang banyak direkomendasikan untuk wisata petualang di daerah Pacet.

"Memang sudah lama dibuka untuk umum tapi mulai diresmikan sekitar awal tahun 2019 untuk area bukit dan tiket camping ground," ujar Ismi selaku pengelola Camping Ground Bukit Krapyak, Sabtu (15/1/2022).

Semula akses jalan bukit krapyak cukup terjal. Namun pengelola membenahi area dengan membangun tangga ke Makam Sunan Pamgkat dan camping ground di area atas bukit.

"Dulu masih tanah terjal, sekarang anak tangganya sudah cukup mudah. Fasilitas juga kami sediakan lengkap," kata dia.

Tak perlu khawatir, saat ini Bukit Krapyak sudah dilengkapi dengan fasilitas umum. Mulai dari toilet, musholla dan kesediaan air yang cukup mudah.

Bahkan tempat ini juga sudah dilengkapi lapangan voly untuk menambah keseruan wisatawan yang ingin melakukan outbond maupun olahraga.

Lahan yang cukup luas berkapasitas sekitar seribu orang dan difasilitasi tempat duduk untuk membuat suasana semakin mendukung saat menikmati sunset, taman bunga dan spot swafoto.

Sementara untuk alat camping, wisatawan bisa menyewa dari beberapa rental yang sudah bekerja sama dengan pengelola Bukit Krapyak.

Tak perlu repot, alat camping bisa diantar ke area bukit. Beberapa guide juga tersedia untuk menemani kalian mengeksplore hutan Gunung Welirang.

"Sebelumnya kami sediakan alat camping tapi sekarang tidak, tetapi untuk yang butuh bisa booking dan diambil di tempat atau bertemu penyewa," kata Ismi.

Keindahan yang lengkap dengan fasilitas yang mencukupi untuk berkemah, membuat bukit krapyak tak pernah sepi pengunjung.

Untuk kunjungan keluarga, Ismi merekomendasikan anak-anak di atas tiga tahun dan tetap dengan pengawasan keluarga.

Beberapa barang bawaan juga harus dipersiapkan secara pribadi. Misalnya tempat memasak, sepatu maupun sandal dan juga jaket.

Jaket tersebut penting karena cuaca pegunungan Gunung Welirang cukup dingin sekalipun memasuki musim kemarau.

"Sebelum pandemi saat weekend bisa seribu orang, tapi sekarang agak turun. Mungkin 200-500 orang weekend ya," kata Ismi.

Selain itu, Ismi mengimbau, wisatawan tetap membawa turun sampah-sampah pribadi sepulang camping.

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Camping di Bukit Krapyak Mojokerto, Berpetualang Sembari Nikmati Keindahan Kaki Gunung Welirang

https://regional.kompas.com/read/2022/09/20/072700478/mengenal-bukit-krapyak-mojokerto-lokasi-hilangnya-pendaki-raffi-dimas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke