Salin Artikel

Jubir PKS Sebut Angka Kemiskinan Solo Tertinggi di Jateng, Begini Respons Santai Gibran

Berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan Kota Solo mencapai 9,4 persen pada 2021.

Gibran mengatakan angka kemiskinan Solo dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Tetapi sejak pandemi Covid-19 ada kenaikan sekitar 0,37 persen. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan akan berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut.

"Makanya kita sedang berupaya menurunkan itu (angka kemiskinan). Kan dari tahun ke tahun trennya menurun terus. Ketika ada covid naiknya 0,37 persen," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (19/9/2022).

Gibran mengatakan sindirian tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi dirinya. Namun, jika kemiskinan Solo disebutkan tertinggi di Jateng tidak adil.

Sebab, kata dia masih ada beberapa daerah di Jateng yang angka kemiskinannya justru lebih tinggi dari Solo.

"Sebenarnya banyak yang lebih tinggi dari Solo. Tapi tidak perlu disebutkan. Intinya kurang fair aja kalau disebut termiskin atau apa," sambung Gibran.

Terpisah, Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Solo, Bambang Nugraha mengatakan tidak benar jika angka kemiskinan Solo disebut tertinggi di Jateng.

Pasalnya, masih banyak beberapa daerah di Jateng yang justru angka kemiskinannya lebih tinggi dari Solo.

Berdasarkan data BPS tahun 2021 Solo menempati rinking 11 terendah dari 35 kabupaten/kota di Jateng dengan presentase 9,40 persen.

"Posisi (kemiskinan) di Solo medium. Tidak benar (kalau disebut tertinggi di Jateng). Masih ada beberapa daerah di Jateng yang lebih tinggi dari Solo," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/19/101916978/jubir-pks-sebut-angka-kemiskinan-solo-tertinggi-di-jateng-begini-respons

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke