Salin Artikel

Temui Dubes RI di Mesir, Gubernur Syamsuar: Kami Sedang Bangun Pariwisata Syariah

KOMPAS.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Mesir, Minggu (18/9/2022). Kedatangannya beserta rombongan langsung disambut oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Mesir, Lutfi Rauf.

Dalam kunjungannya tersebut, Syamsuar berkesempatan memaparkan berbagai potensi yang ada di Riau kepada Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf.

Adapun potensi yang disampaikan itu termasuk tentang sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Negeri Lancang Kuning.

"Kami sampaikan bahwa Riau juga sudah ditetapkan sebagai zona ekonomi syariah. Kami juga sedang membangun pariwisata berbasis syariah," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (19/9/2022).

Menurutnya, peluang bagi investor asal Timur Tengah sangat terbuka lebar. Khususnya Mesir untuk menanamkan modalnya di Riau.

Oleh karena itu, Syamsuar meminta bantuan Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf agar menyampaikan berbagai peluang yang ada di Riau kepada para pengusaha Negeri Seribu Menara ini.

Ia mengungkapkan bahwa Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf berjanji akan proaktif menyampaikan potensi Riau yang luar biasa itu kepada para investor.

"Banyak pengusaha dari Timur Tengah yang investasi di Malaysia. Tentu Riau juga semestinya menjadi tujuan investasi bagi mereka. Apalagi, Riau berdekatan dengan Malaysia," jelas Syamsuar.

Selain peluang investor, ia juga melihat peluang kerja sama antara Riau dan Mesir di sektor pertanian.

"Sektor pertanian di Negeri para Nabi itu cukup berhasil. Ini tentu juga peluang kerja sama," imbuhnya.

Sebagai informasi, Syamsuar mengunjungi KBRI di Mesir dengan didampingi Kepala Biro (Karo) Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Zulkifli Syukur, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ma'mun Murod, dan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto, serta beberapa perwakilan mahasiswa asal Riau di Mesir.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/19/10043931/temui-dubes-ri-di-mesir-gubernur-syamsuar-kami-sedang-bangun-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke