Salin Artikel

Sebelum Inpres 7/2022 Terbit, Jateng Sudah Memiliki 9 SPKLU

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebelum Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 terbit, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki 9 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di beberapa kota.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah dan PLN telah memasang SPKLU di semua pintu masuk dan keluar tol wilayah Jateng sekitar satu tahun yang lalu.

Di bagian barat, SPKLU dipasang di pintu keluar tol Brebes dan pintu masuk Batang, dan arah timur menuju Surabaya, dua unit SPKLU terpasang di tol Sragen.

“Jadi memang sasarannya di tol dulu, karena waktu itu yang mobil prioritas yang melintas masuk ke Jateng,” terang Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko, kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Kini, total terdapat sembilan SPKLU yang terpasang di Jateng dan akan bertambah satu titik pada akhir tahun mendatang dengan dana APBD Jateng.

Selain di tol, SPKLU itu juga terpasang di Kota Semarang dua unit, di Surakarta, Candi Borobudur di Kota Magelang dan Candi Prambanan di Klaten, masing-masing satu unit.

Kemudian, Pemprov Jateng masih menganggarkan menambah satu SPKLU di lokasi strategis yang terjangkau oleh masyarakat umum.

“Di Wisma Perdamaian, di sebelah Tugu Muda Semarang,” imbuhnya.

Sehingga, akhir tahun ini jumlah SPKLU yang sudah terpasang di Jateng sebanyak 10 unit.

Menurut Sujarwanto, upaya itu merupakan dukungan Pemprov kepada transisi energi baru dan terbarukan yang dilakukan secara bertahap. Sebab, Dinas ESDM sendiri telah menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebagai kendaraan dinas untuk operasional kerja SKPD. Yakni, satu unit mobil dan enam unit motor listrik.

Sejauh ini, Sujarwanto kerap menggunakan KBLBB untuk dinas luar kota dan mengaku merasa nyaman saat mengendarainya.

Pihaknya memulai terlebih dahulu di lingkungan Pemprov Jateng untuk membuktikan efisiensi dan efektivitas kendaraan listrik dalam mendukung operasional kantor.

“Pada perubahan anggaran tahun ini akan ada pengadaan tambahan tiga (unit) lagi, tahun depan lebih banyak lagi SKPD yang dapat menganggarkan,” katanya.

Sementara untuk bus dinas, Kota Semarang telah memelopori dengan mengadakan satu unit bus listrik.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/17/223919578/sebelum-inpres-7-2022-terbit-jateng-sudah-memiliki-9-spklu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke