Salin Artikel

Marak Pencurian, Warga di Riau Buat Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp 1 Juta

PEKANBARU, KOMPAS.com - Warga Desa Teluk Pauh, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, diresahkan dengan kasus pencurian. Perangkat desa pun akhirnya membuat sayembara dengan memasang spanduk di permukiman.

Dalam spanduk itu disebutkan bahwa bagi yang menangkap maling akan mendapatkan hadiah uang. Menangkap maling pada malam hari berhadiah Rp 1 juta, sedangkan menangkap maling pada siang hari hadiahnya Rp 750.000. Penangkapan maling harus disertai barang bukti.

Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra membenarkan adanya pemasangan spanduk sayembara oleh perangkat Desa Teluk Pauh.

"Ini strategi dari masyarakat dan Pemdes (Pemerintah Desa) setempat untuk menekan tingkat kriminalitas yang terjadi," ungkap Mahviyen kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (17/9/2022) sore.

Ia menjelaskan, sayembara tangkap maling itu dibuat bukan tanpa alasan. Sebab, warga Desa Teluk Pauh sudah resah dengan maraknya aksi pencurian.

Dalam beberapa waktu terakhir, sebut Mahviyen, banyak terjadi pencurian, seperti pencurian mesin pompa air, handphone, hingga aki mobil.

"Jadi dengan adanya spanduk tersebut, pelaku akan berpikir kalau mau berbuat kejahatan, karena adanya kewaspadaan dari masyarakat yang tertarik akan imbauan tersebut," ujar Mahviyen.

Mahviyen menduga, pelaku menggunakan hasil curian itu untuk membeli narkoba.

"Saya menduga barang milik warga dicuri pelaku lalu dijual untuk membeli narkoba. Dugaan saya seperti itu," ucap Mahviyen.

Mahvien mengaku, kasus pencurian itu sebelumnya sudah pernah dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas setempat. Namun, belum ada pelaku yang berhasil ditangkap.

Karena warga semakin resah, maka dibuatlah sayembara tangkap maling berhadiah.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/17/201356678/marak-pencurian-warga-di-riau-buat-sayembara-tangkap-maling-berhadiah-rp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke