Salin Artikel

Soal Bau Busuk yang Sebabkan 8 Warga Muntah dan Pingsan, PT SMGP Sebut Tak Ada Gas Beracun

MANDAILING NATAL, KOMPAS.com - PT Sorik Merapi Geothermal Power (SMGP) menyebut, tidak ada hidrogen sulfida (H2S) atau gas beracun yang ditemukan di lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Pernyataan ini merespons adanya kejadian delapan warga muntah dan pingsan hingga dirawat di rumah sakit karena mencium bau busuk diduga dari lokasi proyek itu.

"PT SMGP juga memastikan bahwa kondisi pengukuran dari alat pendeteksi gas (fixed gas detector) menunjukkan tidak ada H2S atau nol, serta tidak ada satu pun alarm H2S yang aktif," ungkap Head of Corporate Communications PT SMGP, Yani Siskartika, melalui pesan singkat, Sabtu (17/9/2022).

Yani menjelaskan, kegiatan operasional PT SMGP sejauh ini berjalan normal. Namun, dihentikan setelah ada laporan warga yang mengeluh mencium bau.

"Sementara kondisi aman (di lokasi), dan tidak ada satu pun pekerja di lokasi (Wellpad Tanggo) yang mengalami keluhan kesehatan saat pekerjaan logging.

Yani menyampaikan, saat itu pihaknya memang melakukan logging test di sumur T-11 (Wellpad Tanggo) untuk mengukur tekanan dan temperatur di sumur.

"Kondisi sumur tertutup dan tidak ada aliran fluid sama sekali yang keluar dari sumur sepanjang logging dilakukan," ujar Yani.

Yani menjelaskan, terkait dengan kondisi delapan warga yang mendapat perawatan di rumah sakit, pihaknya terus melakukan observasi atas keluhan yang dialami warga.

"Saat ini dapat dipastikan kondisi aman dan PT SMGP terus lakukan monitoring," ujarnya.

Sebelumnya, delapan orang warga dilarikan ke rumah sakit. Mereka muntah dan pingsan setelah menghirup bau busuk yang diduga keluar dari salah satu sumur di lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Sorik Merapi Geothermal Power (SMGP) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal, pada Jumat (16/9/2022) malam.

"Diduga adanya tercium bau busuk (seperti bau telur busuk) di lokasi Wellpad Tanggo (Wellpad T) PT SMGP yang disinyalir mengakibatkan warga setempat mengalami muntah-muntah dan pingsan," ungkap Kepala Kepolisian Resor Mandailing Natal AKBP HM Reza Chairul melalui pesan singkat, Sabtu (17/9/2022).

Reza menjelaskan, akibat kondisi tersebut, sedikitnya delapan orang warga Desa Sibanggor Julu, yang bermukim tidak jauh dari lokasi PT SMGP, harus dilarikan ke rumah sakit di Panyabungan, Mandailing Natal, untuk mendapat penanganan dan perawatan.

"Delapan orang warga dibawa ke rumah sakit. Empat orang dirawat di RSUD Panyabungan dan empat orang lagi dirawat di Rumah Sakit Permata Madina," kata Reza.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/17/174157078/soal-bau-busuk-yang-sebabkan-8-warga-muntah-dan-pingsan-pt-smgp-sebut-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke