Salin Artikel

Nelayan Curhat ke Erick Thohir, Harga BBM Naik, Hasil Ikan Sedikit

CILACAP, KOMPAS.com - Seorang nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bernama Talya mengeluhkan kenaikan harga BBM kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Talya, kondisi nelayan saat ini sedang sulit. Sebab, di tengah kenaikkan harga BBM, hasil tangkapan para nelayan justru menurun.

"Harga BBM naik, tapi hasil ikan saat ini terlalu rendah," kata Talya, kepada Erick Thohir saat diminta naik ke atas panggung dalam acara peresmian program solar untuk koperasi nelayan (Solusi Nelayan) di Cilacap, pada Sabtu (17/9/2022).

Peresmian program Solusi Nelayan dilakukan Erick Thohir bersama Menteri Koperasi dan UKM Teyem Masduki serta Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Hal senada juga disampaikan salah satu pemilik kapal nelayan di Cilacap, Agustin.

Menurut dia, hasil tangkapan nelayan saat ini memang sedang menurun.

Dalam kesempatan itu, Agustin juga meminta kepada Erick Thohir agar menambah pasokan BBM bersubsidi untuk para nelayan.

"Saya minta kuota subsidi BBM ditambah. Cilacap sedang maju, tolong nelayan kecil diperhatikan, lalu pengurusan dokumen-dokumen untuk kelengkapan rekomendasi pembelian solar dipermudah," ujar Agustin.

Erick Thohir mengatakan, program Solusi Nelayan bertujuan memberikan kemudahan akses kepada nelayan untuk membeli BBM bersubsidi.


"Di mana harga BBM yang selama ini didapatkan nelayan Rp 7.000-Rp 10.000 per liter. Hari ini kami pastikan harganya Rp 6.800 per liter," kata Erick, seusai acara.

Erick mengatakan, dalam program itu Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Cilacap sebagai pilot project, nanti kami kembangkan di daerah lain. Koperasi yang menjadi ujung tombak (penyaluran) BBM subsidi tepat sasaran, karena di situ ada nama dan alamat," ujar Erick.

Teten Masduki mengungkapkan, biaya produksi nelayan yang paling besar dikeluarkan untuk BBM.

"Kami memikirkan lebih jauh bagaimana nelayan bisa mendapatkan akses bahan bakar, karena 60 persen biaya produksi nelayan itu untuk beli bahan bakar," kata Teten.

Selain itu, juga akan membantu meningkatkan nilai jual dan pemasaran hasil tangkapan nelayan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/17/161434178/nelayan-curhat-ke-erick-thohir-harga-bbm-naik-hasil-ikan-sedikit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke