Salin Artikel

Tim Kuasa Hukum Akui Gubernur Papua Sering Berpergian dengan Jet Pribadi, Ini Alasannya

Untuk diketahui, Gubernur Papua Lukas Enembe sejak 5 September 2022 ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka terkait kasus gratifikasi Rp 1 miliar yang masuk ke rekening pribadinya.

Merespons hal tersebut, Tim Kuasa Hukum Gubernur Papua mengakui bahwa Lukas Enembe memang menggunakan jet pribadi.

Hal itu lantaran Lukas Enembe memiliki pengalaman tidak menyenangkan saat bepergian dengan pesawat komersial.

"Pak Gubernur sudah mengalami masalah, kenapa Pak Gubernur memakai jet pribadi karena Pak Gubernur merasa tidak aman," ujar Tim Hukum Gubernur Papua Roy Rening, di Jayapura, Kamis (15/9/2022).

Menurut dia, beberapa tahun lalu, Lukas Enembe yang dalam kondisi sakit pernah merasa ada oknum pejabat yang mengincarnya sehingga namanya hilang dari daftar penumpang (manifest).

"Pernah kejadian satu kali, Pak Gubernur naik Garuda dari Singapura ke Jakarta lalu ke Papua, apa yang terjadi? ketika Pak Gubernur dari Jakarta mau ke Papua, namanya hilang dari manifest pesawat, informasi yang kita terima mengatakan bahwa ada oknum-oknum pejabat yang memerintahkan agar nama Pak Gubernur hilang, padahal Pak Gubernur masih sakit dan harus kembali ke Jayapura," tutur Roy.


Mengenai pembiayaan perjalanan Lukas Enembe, Roy menyebutkan, hal itu menggunakan tunjangan operasional Gubernur.

Menurut dia hal tersebut tidak memyalahi aturan apa pun karena dana yang digunakan merupakan hak dari Gubernur Papua dan dipakai untuk keperluan dinas atau terkait masalah kesehatannya.

"Pasti karena itu biaya operasional gubernur, pasti dari situ, kan tidak mungkin dari dana mana, kalau ini perjalanan dinasnya atau karena sakitnya itu harus dibiayai oleh negara melalui kas daerah sesuai yang dianggarkan oleh DPR dalam APBD," kata dia.

Sebelumnya KPK telah menyatakan Gubernur Papua Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi.

Salah satu poin yang akan didalami KPK adalah penggunaan jet pribadi yang sering digunakan Lukas Enembe saat berpergian.

"Itu juga pasti didalami juga termasuk juga keberadaan yang bersangkutan selama ini kalau ke luar negeri menggunakan private jet," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/15/201251078/tim-kuasa-hukum-akui-gubernur-papua-sering-berpergian-dengan-jet-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke