Salin Artikel

Jabatan Wawali Balikpapan Masih Kosong, Golkar Usulkan Risti Utami

Hampir semua partai pengusung telah mengusulkan nama calon yang bakal mengisi posisi Wawali pasca Thohari Azis, wawali terpilih meninggal dunia sebelum dilantik pada Januari 2021 lalu.

Yang terbaru, Partai Golkar DPD Balikpapan resmi mengusulkan istri almarhum Thohari Azis, yakni Risti Utami Dewi Nataris.

Usulan tersebut sesuai dengan surat rekomendasi bernomor 20/DPD/GOLKAR/BPP/VIII/2022 tanggal 29 Agustus 2022 kepada DPD Golkar Kaltim. Rekomendasi itu juga telah mendapat persetujuan Golkar Kaltim setelah proses penjaringan.

“Prosesnya itu ada beberapa nama yang masuk, baik dari internal maupun dari eksternal. Berdasarkan beberapa masukan, termasuk masukan dari Kepala Daerah terpilih kemudian teman-teman DPD Provinsi Kaltim dalam hal ini akhirnya mengusung Bu Risti yang diusung Partai Golkar,” kata Andi Arif saat dihubungi pada Rabu (14/9/2022).

Surat tersebut telah diterima oleh kepala daerah terpilih dalam hal ini Rahmad Masud. Nantinya Rahmad akan memilih dua nama dari sejumlah nama yang telah diusulkan dan akan disampaikan ke DPRD Balikpapan untuk kemudian dilakukan pemilihan.

“Surat sudah disampaikan kepada Kepala Daerah, nanti diserahkan kembali kepada Kepala Daerah Terpilih yang kemudian nanti dia akan merekomendasikan dua nama yang akan disampaikan di DPRD yang kemudian dilanjutkan untuk proses pemilihan calon Wakil Wali Kota,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya terdapat sejumlah nama yang diusulkan oleh masing-masing partai pengusung.

PDI Perjuangan mengusulkan Budiono, Gerindra mengusulkan Sabaruddin Panrecalle, Demokrat mengusulkan Denny Mappa, Alphad Syarif dari Perindo dan PKB serta Sayid MN Fadly yang diusulkan oleh PKS.

Setelah dua nama dipilih oleh Rahmad Masud dan disampaikan kepada DPRD, maka proses selanjutnya akan dilakukan pemilihan dengan membentuk Panitia Pemilihan (Panli).

“Ini tinggal menunggu kesiapan Wali Kota untuk kemudian menyerahkan rekomendasi dari beberapa nama itu kepada DPRD. Nanti DPRD memproses dengan membentuk Panitia Pemilihan (Panli),” pungkas Andi Arif.

Untuk diketahui, Risti Utami merupakan istri dari almarhum Thohari Azis. Risti juga merupakan kader dari PDI Perjuangan. Sosok Risti memang telah lama berembus digadang-gadang akan menggantikan posisi suaminya sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/15/114053078/jabatan-wawali-balikpapan-masih-kosong-golkar-usulkan-risti-utami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke