Salin Artikel

Mayat Terbakar Tanpa Kepala Dipastikan Iwan Budi, PNS Kota Semarang yang Seharusnya Jadi Saksi Kasus Korupsi

Berdasarkan tes tersebut diketahui, DNA dari kerangka mayat terbakar tersebut identik dengan sampel milik Iwan Budi.

"Hasilnya identik," kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan dalam tes DNA tersebut, tim Puslabfor Mabes Polri menggunakan lima sampel. Di antaranya, tulang iga korban, tulang clavicula (enthong), sampel dua DNA anak Iwan Budi.

"Ada sampel DNA dari laki-laki dan sampel DNA anak perempuan," tambahnya.

"100 persen dipastikan kerangka Iwan Budi," lanjutnya. 

Iqbal mengatakan pihak kepolisian akan mengirimkan surat resmi terkait hasil tes DNA tersebut kepada Iwan Budi.

"Sementara untuk surat resmi hasil tes DNA dari Puslabfor Mabes Polri nanti akan kami serahkan pada keluarga. Lebih lanjut, kami dari Polda Jateng mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum," ucapnya.

Terkait penyebab kematian korban masih belum bisa dipastikan. Menurutnya, pihak kepolisian saat ini masih melakukan investigasi.

Setidaknya sudah 14 saksi yang telah dimintai keterangan. Di antaranya, 8 dari keluarga korban, 3 rekan kerja dan 3 saksi di TKP.

"Kita mengumpulkan berbagai keterangan dan bukti tambahan," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, PNS Bapenda Semarang Iwan Budi yang seharusnya menjadi saksi kasus dugaan korupsi hibah tanah dilaporkan menghilang. Iwan hilang setelah mendapatkan panggilan oleh Polda Jawa Tengah untuk menjadi saksi kasus dugaan korupsi hibah tanah di Kecamatan Mijen tahun 2010.

Dugaan Iwan Budi telah tewas terbakar pun menguat. Hal ini menyusul adanya barang-barang milik Iwan Budi di lokasi penemuan mayat terbakar di Pantai Marina Semarang. Hingga akhirnya, hasil tes DNA memastikan bahwa mayat tersebut merupakan Iwan Budi yang selama ini hilang. (Penulis: Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2022/09/15/052849978/mayat-terbakar-tanpa-kepala-dipastikan-iwan-budi-pns-kota-semarang-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke