Salin Artikel

Uang Tabungan Penjaga SD di Solo Rusak Dimakan Rayap, Gibran: Kalau Niatnya Mau Naik Haji, Nanti Dibantu

Gibran mengatakan akan membantu mewujudkan keinginan Samin untuk pergi ke tanah suci.

"Kalau niatnya mau naik haji, nanti tak bantu. Kalau urusan duwit (uang) Pak Joko (Kepala BI Solo)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/9/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi menyarankan supaya masyarakat bisa menyimpan uangnya di perbankan. Hal ini agar kasus uang tabungan di celengan plastik rusak dimakan rayap tidak kembali terulang.

"Makanya podo nabunge neng (nabungnya di) bank ya," terang Gibran.

Sebelumnya, nasib pilu dialami seorang penjaga sekolah di Sekolah Dasar (SD) Negeri Lojiwetan No.49 Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Samin (53). Uang puluhan juta rupiah yang ditabung di celengan plastik sejak 2,5 tahun habis dimakan rayap.

Rencananya, uang yang dikumpulkan Samin sejak pandemi Covid-19 akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri dan dua anaknya.

"Saya kan punya keinginan daftar haji. Saya punya rezeki sedikit demi sedikit tak masukin ke kaleng itu, kurang lebih sudah 2,5 tahun sebelum covid," kata Samin di SDN Lojiwetan No 49 Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022).

Samin mengatakan sebenarnya dirinya sudah meminta istrinya untuk membongkar celengan tersebut karena sudah penuh. Karena belum ada waktu, akhirnya celengan itu baru dibongkar.

Samin dan istrinya pun terkejut mengetahui uang di celengan itu dimakan rayap. Selama ini celengan plastik yang digunakan untuk menabung uang hasil jualan makanan ringan di kantin sekolah diletakkan di tempat tidur.

Samin memiliki dua celengan. Uang yang dimakan rayap berada di celengan warna hijau. Kondisinya sudah tidak utuh lagi dan rusak. Jumlah uang tersebut sekitar Rp 50 juta.

Sedangkan uang yang di celengan ungu sebagian besar masih utuh meskipun ada yang dimakan rayap. Berdasarkan hasil penghitungan jumlah uang itu sekitar Rp 49,8 juta.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/14/155154778/uang-tabungan-penjaga-sd-di-solo-rusak-dimakan-rayap-gibran-kalau-niatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke