Salin Artikel

Uang Tabungan Haji Rp 50 Juta Milik Penjaga SD Rusak Dimakan Rayap, BI Siap Ganti dengan Syarat

KOMPAS.com - Samin (53), penjaga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lojiwetan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, mengalami nasib nahas.

Uang tabungan yang rencananya akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji bersama istri dan kedua anaknya rusak akibat dimakan rayap.

Samin mengumpulkan uang yang jumlahnya telah mencapai puluhan juta rupiah itu di dalam celengan plastik selama 2,5 tahun, tepatnya sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Saya kan punya keinginan daftar haji. Saya punya rezeki sedikit demi sedikit masukkan ke kaleng itu, kurang lebih sudah 2,5 tahun sebelum (pandemi) covid," kata Samin di SDN Lojiwetan No 49 Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022).

Samin mengatakan, dia dan istrinya berencana membuka celengan itu tiga hari sebelumnya karena sudah penuh, namun keduanya baru sempat membongkarnya pada Selasa (13/9/2022).

Keduanya pun terkejut mengetahui uang yang ditabungnya selama ini telah rusak akibat disantap rayap.

"Tadi pagi jam 9 mau dimasukkan uang kok runtuh. Setelah itu celengan diangkat kok keluar rayap, ternyata sudah seperti itu," ujar Samin.

Samin menjelaskan, dia selama ini menabung uang hasil berjualan makanan ringan di kantin ke dalam dua celengan yang diletakkan di tempat tidur.

Uang yang dimasukkan ke dalam celengan berwarna hijau berjumlah sekira Rp 50 juta, kondisinya tidak utuh lagi karena dimakan rayap.

Sementara itu, uang sebanyak Rp 49,8 juta di dalam celengan ungu sebagian besar masih utuh, meski ada juga yang telah rusak.

"Celengan yang ungu itu, yang baru tadi dihitung ada Rp 49,8 juta. Celengan yang hijau uangnya sudah tidak utuh lagi, ada sekira Rp 50 juta. Kira-kira totalnya semua ada Rp 100 juta," ungkapnya.

Samin yang kini masih berstatus tenaga kerja dengan perjanjian kerja (TKPK) mulai berprofesi sebagai penjaga sekolah sejak tahun 1998.

Sejak tahun 2019, Samin bisa menabung uang sebesar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per hari.

Penghasilannya dari menjaga sekolah, dia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk memenuhi keperluan kantin.

Uang hasil berjualan di kantin dan membuat minuman untuk guru itulah yang Samin masukkan ke dalam celengan.

Samin mengaku tidak memiliki keinginan menabung di bank karena menganggap celengan sudah cukup aman.

"Kita cuma dapatnya sedikit, jadi tidak kepikiran menabung di bank. Setiap dapat rezeki sedikit inginnya gampang, saya masukkan ke celengan," tuturnya.

Kini Samin hanya bisa pasrah mengetahui uang hasil jerih payahnya rusak akibat menjadi santapan rayap.

BI siap ganti dengan uang baru jika memenuhi syarat

Samin dan istrinya kemudian membawa uang tabungan yang telah rusak itu ke kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo.

Samin mendapat penjelasan bahwa uangnya yang rusak masih bisa diganti bila luasannya masih terdapat 2 per 3 bagian dari ukuran penuh.

Samin bersama istrinya pun mencoba merangkai uang tabungannya yang telah rusak agar bisa ditukar.

"Pergantian (uang rusak) itu harus memiliki ukuran minimal 2 per 3 dari ukuran penuh. Kenapa 2 per 3? Kalau ukurannya separo bisa diganti, nanti dipotongi lalu ditukar jadi dua," kata Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, dikutip dari Antara, Rabu (14/9/2022).

Nugroho menjelaskan, langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat bila memiliki uang dengan tingkat kerusakan parah seperti milik Samin adalah menyusunnya kembali hingga minimal berukuran 2 per 3 dari ukuran penuh.

Bank Indonesia menyediakan layanan penukaran uang rusak setiap hari kamis dengan kuota terbatas.

Pihak BI pun mengimbau agar masyarakat menabung di bank agar kejadian seperti yang dialami Samin tidak terulang kembali.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/14/111521578/uang-tabungan-haji-rp-50-juta-milik-penjaga-sd-rusak-dimakan-rayap-bi-siap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke