Salin Artikel

Diduga Mau Tawuran Antargeng Motor, Ratusan Pelajar di Lampung Diamankan Polisi, 5 Senjata Tajam Disita

LAMPUNG, KOMPAS.com - Ratusan pelajar diamankan aparat gabungan Polresta Bandar Lampung, Senin (12/9/2022) malam.

Para pelajar ini diduga hendak tawuran dengan geng motor lain untuk "merayakan" hari ulang tahun salah satu basis sekolah di Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung.

Kapolsek Sukarame, Komisaris Polisi (Kompol) Warsito mengatakan, para pelajar tersebut berasal dari beberapa sekolah di bilangan Kecamatan Sukarame.

Saat anggota gabungan dari Satreskrim Polresta Bandar Lampung, Polsek Sukarame dan Samapta berpatroli, para pelajar ini diketahui sedang berkumpul di sebuah kafe.

"Patroli ini digelar karena kami mendapatkan informasi akan adanya tawuran," kata Warsito, Selasa (13/9/2022) pagi.

Warsito menambahkan, aktivitas kumpul ratusan pelajar yang diamankan ini sudah terendus sejak pekan lalu.

"Berdasarkan informasi dari jaringan kami, ada salah satu SMA (basis geng motor) yang mengadakan acara ulang tahun," kata Warsito.

Total jumlah pelajar yang diamankan lalu dibawa ke Polresta Bandar Lampung untuk didata, terdapat  259 orang dan 150 sepeda motor.

Dari lokasi tersebut, anggota kepolisian juga menemukan lima bilah senjata tajam yakni celurit, parang, dan pedang berukuran besar yang disembunyikan di tas gitar.

Senjata tajam tersebut dibawa empat pelajar yang berada di lokasi itu.

"Empat orang pelajar yang mengaku memiliki senjata tajam ini kini ditangani oleh Satreskrim Polresta Bandar Lampung," kata Warsito.

Diberitakan sebelumnya, puluhan anggota geng motor bersenjata tajam ditangkap aparat Polresta Bandar Lampung, Minggu (11/9/2022) dini hari.

Sebagian besar anggota geng motor ini masih berstatus pelajar SMP dan SMA.

Kepala Satuan Samapta Polresta Bandar Lampung Komisaris Polisi (Kompol) Suwandi mengatakan jumlah anggota geng motor yang ditangkap sebanyak 46 orang.

"Kita amankan di lima lokasi di Bandar Lampung dalam operasi semalam," kata Suwandi di Mapolresta Bandar Lampung, Minggu pagi.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polresta Bandar Kompol Dennis Arya Putra menyebutkan, pihaknya sudah beberapa kali menindak geng motor di Kota Tapis Berseri itu.

“Kami sudah beberapa kali melakukan penindakan, usia anggota geng motor ini kebanyakan remaja,” kata Dennis.

Dennis menambahkan, ada pola yang berbeda pada peristiwa terkini itu. Biasanya geng motor beraksi di Sabtu malam, namun kali ini beraksi di hari biasa.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/13/085521278/diduga-mau-tawuran-antargeng-motor-ratusan-pelajar-di-lampung-diamankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke