Salin Artikel

Selama 43 Jam, Mamberamo Raya Diguncang 99 Kali Gempa Bumi, Terbesar M 6,2

Gempa mengguncang wilayah tersebut sejak Sabtu (10/9/2022) pukul 08.31 WIT hingga Senin (1/9/2022) dini hari jam 02.26 WIT.

"Sebanyak 99 gempa bumi mengguncang wilayah Mamberamo Raya, yang terkecil bermagnitudo 2,1 dan yang terbesar 6,2," ujar Plt Kepala BMKG Wilayah V Jayapura Yustus Rumakiek, melalui keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Terbesar M 6,2

Dari 99 gempa yang terjadi, terang Yustus, tidak semuanya dirasakan masyarakat dan hanya sembilan guncangan yang terasa.

"Gempa terkecil yang dirasakan masyarakat itu bermagnitudo 4,8 sampai yang terbesar 6,2," kata dia.

Seluruh gempa bumi yang terjadi selama dua hari terakhir di Mamberamo Raya, merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Sesar Anjak Mamberamo.

Menurut dia, sebagian getaran gempa terasa hingga kabupaten terdekat dari Mamberamo Raya.

"Gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat di daerah Kasonaweja Mamberamo Raya, Sarmi hingga Jayapura dengan skala intensitas II-III MMI," terangnya.


Ada bangunan rusak

Sebelumnya, Kepala BPBD Mamberamo Raya Deden Sumantri mengaku belum bisa memastikan dampak keseluruhan dari gempa yang terjadi.

Namun ia menyebutkan, sudah ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat guncangan.

"Untuk informasi sementara baru bangunan PLN di Kasonaweja rusak ringan dan kios dagangan terhambur. Informasi selanjutnya masih menunggu petugas di lapangan," tutur Deden.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/12/101335678/selama-43-jam-mamberamo-raya-diguncang-99-kali-gempa-bumi-terbesar-m-62

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke