Salin Artikel

Haornas 2022, Ganjar Beri Penghargaan Lima Daerah Destinasi Sport Tourism Unggulan

Kelima kota itu di antaranya Kota Solo, Kota Semarang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Semarang.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Kadisporapar Banyumas, Kadisporapar Semarang, dan Kadisporapar Magelang menerima penghargaan dari Ganjar.

“Selamat wali kota dan bupati yang mendapat penghargaan, dan kita beri tepuk untuk mereka semuanya,” tutur Ganjar pada pembukaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (9/9/2022).

Daerah tersebut dinilai telah mampu mengembangkan sport tourism yang berkelanjutan dengan sejumlah event digelar. 

Ganjar juga mendorong agar setiap daerah di Jawa Tengah untuk membuat dan mengembangkan sport tourism yang berkelanjutan.

Terkait hal ini Ganjar mengingatkan daerah supaya dalam praktik penerapan sport tourism tidak berhenti sekali acara saja.

Pasalnya, Jawa Tengah memiliki lanskap alam dan potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk wisata olahraga secara berkelanjutan.

Terlebih sejak pandemic covid-19 masyarakat memiliki kecenderungan tren berkunjung ke destinasi wisata alam.

Kombinasi daya tarik wisata alam dengan olahraga sudah lama menjadi focus Pemprov Jateng untuk pengembangan pariwisata Jateng.

Seperti halnya event marathon, gowes, kerap memilih daerah Jateng sebagai tuan rumah. Bahkan event kejuaraan internasional gantole yang sudah kelima kali digelar di Telomoyo, Kabupaten Semarang.

Regulasi pengembangan sport tourism di daerah ini juga tengah dirancang oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Ganjar meminta Disporapar Jateng membuat paling tidak tiga kriteria. Yakni keberlanjutan event minimal tiga tahun berturut-turut.

Dari situ pihaknya akan menilai kelayakan daerah untuk dijadikan destinasi wisata olahraga unggulan yang masuk kalender event Jateng.

“Kita punya Borobudur Marathon umpama, Magelang siap. Mungkin di Solo juga bisa dilakukan," pungkas Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/10/071637778/haornas-2022-ganjar-beri-penghargaan-lima-daerah-destinasi-sport-tourism

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke