Salin Artikel

Waspada Bencana akibat Hujan Lebat di Jateng Bagian Barat Selatan

Pengamat Cuaca Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, masyarakat diimbau mewaspadai potensi bencana akibat hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai petir dan diikuti angin kencang), dan dampak yang dapat ditimbulkan" kata Rendi melalui keterangan terulis, Rabu petang.

Cuaca ekstrem berpotensi menyebabkan banjir, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, dan jalan licin.

Rendi menjelaskan, hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo, Wonosobo, dan Karanganyar pukul 13.30 WIB.

Kondisi tersebut dapat meluas ke sejumlah wilayah di Jateng Selatan Barat yang meliputi Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Dalam update peringatan dini yang dikeluarkan BMKG pukul 17.35 WIB, masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah tersebut pada pukul 18.05 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/220757178/waspada-bencana-akibat-hujan-lebat-di-jateng-bagian-barat-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke