Salin Artikel

Pemkot Solo Siapkan Rp 4,2 M untuk Pelaku Usaha Transportasi dan UMKM Terdampak Kenaikan BBM

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mengalokasikan dana transfer umum (DTU) senilai Rp 4,2 miliar untuk jaring pengaman sosial bagi pelaku usaha transportasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karena dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Jumlah tersebut dimungkinkan masih akan bertambah dengan sumber dana dari biaya tidak terduga (BTT) dan sisa lebih pembiayaan anggaran (SiLPA).

"Khusus untuk DTU dua persen ini akan saya alokasikan untuk transportasi dan UMKM. Terutama transportasi yang membawa peran bawa bahan pangan dari luar kota ke Solo," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/9/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi mengatakan, pelaku usaha transportasi yang bakal mendapatkan bansos dari DTU harus berpenduduk atau ber-KTP asli Solo. Berapa jumlahnya, masih dimatangkan.

"Angkanya kita hitung dulu. Dua persen ini akan kita arahkan ke orang-orang yang belum dapat BSU atau BLT. Kesulitannya itu, akses data BSU dan BLT. Sebab itu dari kementerian. Makanya ditunggu sik. Datanya dinamis, update terus," ungkap Gibran.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Taufiq Muhammad mengatakan, pihaknya mengusulkan 3.800 pelaku usaha transportasi sebagai penerima DTU dua persen.

Data tersebut masih akan diverifikasi oleh tim karena penerima DTU tidak boleh ganda. Bagi mereka yang sudah menerima BLT tidak mendapat DTU dua persen atau sebaliknya. Para penerima bantuan ini merupakan warga asli Solo.

"Saya mengirimkan data sekitar 3.800 ada becak, juru parkir, sopir taksi, sopir truk, sopir bus antar kota tak masukkan semua. Tapi nanti masih diverifikasi oleh tim karena tidak boleh dapat bantuan double," kata Taufiq.

Bantuan DTU dua persen ini juga menyasar pada pengemudi ojek online dan taksi online.

Berdasarkan data, yang tercatat ada sekitar 1.000 orang pengemudi ojek online dan taksi online yang berdomisili Solo.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/191222378/pemkot-solo-siapkan-rp-42-m-untuk-pelaku-usaha-transportasi-dan-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke