Salin Artikel

Polres Manokwari dan Polres Sorong Kota Naik Jadi Tipe C, Ini Persiapan Polda Papua Barat

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi mengamini naiknya status dua polres di Papua Barat itu.

Menurut Adam, surat yang dikeluarkan Kementerian PAN-RB itu terkait persetujuan pembentukan tujuh polres dan peningkatan tipe 12 polres. Kebijakan itu juga ditetapkan dalam Keputusan Kapolri Nomo 1161 dan Keputusan Kapolri Nomor 1160 tertanggal 30 Agustus.

Adam menjelaskan dua polres di Papua Barat yang naik menjadi tipe C adalah Polresta Sorong Kota dan Polresta Manokwari.

"Karena naik tipe, Polresta Sorong Kota dan Polresta Manokwari pun nantinya akan dipimpin oleh polisi berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). Sebelumnya, tipe D (Polres) dipimpin oleh polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)," kata Adam di Manokwari, Selasa (6/9/2022).

Menurut Adam, kenaikan tipe polresta itu merupakan upaya Polri meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Polda Papua Barat, kata Adam, segera menyusun komposisi personel dan menyiapkan perencanaan sumber daya organisasi lainnya.

Sarana, prasarana, dan anggaran, yang dibutuhkan untuk mendukung operasional Polresta Manokwari dan Polresta Sorong Kota juga disiapkan.

"Dengan kenaikan tipe tersebut, tentu saja dibutuhkan penambahan personel, sarana dan prasarana dan anggaran. Sehingga perlu dipersiapkan dengan matang perencanannya," jelas Adam.

Adam menyebut, peningkatan tipe dua polresta ini memberikan motivasi lebih bagi personel polisi di dua wilayah itu.

"Tentunya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepolisian yang lebih optimal kepada masyarakat terutama di Kota Sorong dan Manokwari," ujar Adam.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/091742778/polres-manokwari-dan-polres-sorong-kota-naik-jadi-tipe-c-ini-persiapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke