Salin Artikel

Dengar Anggota DPRD Bilang 'Silakan Masuk secara Paksa', Massa Marah, Kericuhan Terjadi di Bengkulu

Polisi mengamankan tujuh mahasiswa dan satu pelajar.

Aksi awalnya berjalan normal di depan Gedung DPRD Provinsi Bengkulu. Pengunjuk rasa berorasi bergantian secara tertib menolak kenaikan harga BBM.

Namun, tiba-tiba massa mendesak masuk gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Aparat kepolisian berusaha melakukan mediasi dan negosiasi agar tidak terjadi tindakan perusakan.

Namun, unjuk rasa menjadi ricuh saat salah seorang anggota DPRD Provinsi Bengkulu memancing kemarahan massa karena melontarkan pernyataan yang dianggap mahasiswa tendensius.

"Mahasiswa terprovokasi karena ada anggota DPRD melontarkan kata-kata, 'silakan masuk secara paksa'. Kontan pernyataan itu membuat mahasiswa marah, mendesak masuk, saling dorong dengan aparat polisi. Terjadi lempar botol minuman mineral, lalu saling pukul dengan polisi, terjadilah kericuhan," kata Yoan, utusan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Universitas Bengkulu.

Yoan mengatakan, kerusuhan mengakibatkan sejumlah mahasiswa mengalami luka-luka.

Kapolres Bengkulu AKBP Andy Dadi mengatakan, awalnya polisi telah memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bernegosiasi dengan anggota DPRD. Namun, mereka menolak dan tetap memaksa masuk.

"Ada tujuh mahasiswa dan satu pelajar yang kita amankan, karena kedelapan orang ini melakukan provokasi serta pelemparan saat aksi terjadi. Namun, saat ini semua telah dilepas," kata Andy.

"Sudah dibebaskan mereka telah membuat surat pernyataan," kata Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Welliwanto Malau menambahkan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/080258078/dengar-anggota-dprd-bilang-silakan-masuk-secara-paksa-massa-marah-kericuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke