Salin Artikel

Jangan Sampai Tertukar, Ini 9 Kota/Kabupaten di Indonesia yang Namanya Mirip

KOMPAS.com - Sejumlah kota/kabupaten di Indonesia mempunyai nama yang terdengar mirip.

Meski sekilas serupa, kota/kabupaten tersebut berbeda dan berada di provinsi yang berlainan.

Apa saja kota/kabupaten di Indonesia yang namanya mirip? Berikut daftarnya.

Sementara itu, Purwakarta adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat (Jabar). Salah satu tempat wisata di Purwakarta adalah Waduk Jatiluhur. Dengan luas 8.300 hektar, Jatiluhur menjadi salah satu waduk terbesar di Indonesia.

Adapun Probolinggo merupakan kota dan kabupaten di Jawa Timur (Jatim). Bagi yang ingin berwisata di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo bisa menjadi salah satu pintu masuknya. Wisatawan bisa menuju Cemoro Lawang di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Banjarnegara adalah kabupaten di Jateng. Di Banjarnegara, terdapat obyek wisata alam terkenal, yakni Dieng. Pesona wisata yang juga menarik hati pelancong adalah event Dieng Culture Festival.

Walau memiliki nama yang hampir mirip, tetapi Bojonegoro berada di Jatim. Salah satu destinasi wisata di Bojonegoro adalah Negeri Atas Angin yang berada di Desa Deling, Kecamatan Sekar. Lokasi wisata alam ini berada 50 kilometer dari pusat kota.

Meskipun sama-sama bernama Banjar, tetapi dua daerah ini berada di provinsi yang berbeda. Kota Banjar terletak di Jabar. Salah satu tempat wisata di sana adalah Wana Wisata Situ Mustika.

Sedangkan, Kabupaten Banjar beradai Kalimantan Selatan. Salah satu obyek wisata di Kabupaten Banjar yaitu Bukit Matang Kaladan di Kecamatan Aranio.

Langkat merupakan kabupaten di Sumatera Utara (Sumut). Salah satu lokasi wisata alam di Langkat ialah Rumah Pohon Habitat di Dusun Perteguhen, Desa Pamah Semelir, Kecamatan Sei Bingei. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, tempat wisata ini menyediakan lokasi camping ground.

Lahat adalah nama kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satu destinasi wisata di Lahat adalah Curup Buluh di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu.

Tanjungpinang adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu tempat wisata di Tanjungpinang adalah Pulau Penyengat. Di sana terdapat berbagai peninggalan bersejarah, satu di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur.

Pangkalpinang ialah ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di Pangkalpinang terdapat Pantai Pasir Padi yang menjadi destinasi favorit masyarakat. Pantai di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, ini memiliki hamparan pantai pasir putih sepanjang dua kilometer.

Bandung adalah ibu kota Provinsi Jabar. Selain Kota Bandung, terdapat juga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Bandung mempunyai sederet lokasi wisata, di antaranya Lembang, Rabbit Town, Jalan Braga.

Pemalang merupakan kabupaten di Jateng. Berada di kawasan pantura, salah satu destinasi wisata di Pemalang adalah Pantai Muara Indah Asemdoyong yang berlokasi di Dusun Kampungbaru Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman.

Memiliki nama yang hampir mirip dengan Pemalang, Malang merupakan kota/kabupaten di Jatim. Jika berkunjung ke Malang, wisatawan bisa mendatangi Museum Angkut, Jatim Park, Pantai Balekambang, dan beragam tempat wisata lainnya.

Sumba dan Sumbawa merupakan dua pulau yang bernama hampir mirip. Namun, keduanya berada di provinsi berbeda.

Di Nusa Tenggara Timur, terdapat Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Di Sumba Barat, terdapat tempat wisata unggulan bernama Kampung Adat Praijing. Selain menawarkan keindahan suasana perkampungan, di tempat wisata ini juga terdapat rumah adat dan batu megalitik.

Di Nusa Tenggara Barat, terdapat Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Salah satu lokasi di Sumbawa adalah air terjun Mata Jitu.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/000018978/jangan-sampai-tertukar-ini-9-kota-kabupaten-di-indonesia-yang-namanya-mirip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke