Salin Artikel

Indigospace Semarang Digital Kreatif, Wadah Komunitas di Kota Semarang untuk Mengembangkan Diri

Terdapat kurang lebih 170 komunitas yang terdaftar di Indigospace SDK Semarang. Di tempat tersebut tak hanya komunitas digital seperti komunitas programmer, android developer, ataupun UI/UX designer. 

Namun, ada pula komunitas fotografi, videografi, bahkan pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) yang juga diberi ruang untuk meningkatkan pengetahuan dalam digitalisasi.

Tidak sulit untuk menemukan Indigospace SDK Semarang. Letaknya ada di kawasan Kota Lama, tepatnya di Jalan Empu Tantular, Bandarharjo, Kota Semarang.

Tidak hanya memfasilitasi dari segi tempat, Indigospace SDK Semarang juga kerap memberikan pelatihan, workshop, hingga pendampingan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan oleh Public Relation Indigospace SDK Semarang, Santika Wahyu Lestari. Dia mengatakan meski baru diresmikan satu bulan lalu, tidak sedikit anak-anak muda yang masuk ke Indigospace SDK untuk belajar dalam upaya mengembangkan kemampuan.

Menurut Santika, sejumlah komunitas yang tergabung itu nantinya akan lebih terarah lantaran terbantu dengan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing komunitas.

"Kalau Semarang Digital Kreatif itu sudah lama sejak tahun 2016. Nah sekarang berkolaborasi dengan Indigo dari Telkom. Jadi harapannya bisa menjadi tempat untuk membantu teman-teman startup dan komunitas agar bisa berdampak lebih buat mereka," tutur Santika saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Selain itu, imbuh Santika, Indigospace SDK Semarang juga menyediakan mentor bagi startup yang sedang merintis usahanya. Mengingat, tidak mudah untuk membangun startup baru dengan daya saing yang pesat.

"Mereka bisa tanya dengan mentor, one and one mentoring. Kalau ada kendala nanti dibantu. Jadi tetap berkelanjutan," jelas dia.

Dia mengatakan program berkelanjutan yang digadang Indigospace SDK Semarang mengarah pada pengembangan dan dukungan dalam bidang digital, terlebih pada UMKM lokal.

Bantu UMKM berkembang

Selain merangkul komunitas digital dan startup, Indigospace SDK Semarang juga mulai merambah ke UMKM lokal.

Lebih jelas Santika menuturkan, hal tersebut dilakukan lantaran banyak pelaku UMKM yang belum cukup mengenal pemasaran digital. Sehingga, pihaknya memberi kesempatan bagi siapa pun yang ingin belajar mengembangkan usaha.

"Ternyata mereka banyak yang tidak tahu kalau peluang penjualan online itu tinggi. Jadi di sini ada pelatihan fotografi, videografi, digital marketing, dan copy writing," tutur Santika.

Meski baru menggandeng beberapa UMKM, Santika menilai antusias para pelaku usaha di Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang tampak bergeliat.

Pasalnya, sejumlah pelaku UMKM di beberapa daerah di Jawa Tengah rajin menghadiri workshop yang diadakan Indigospace SDK Semarang.

"Penginnya bisa membantu peningkatan penjualan secara digital. Makanya kita sedang melakukan program berkelanjutan selama 2 bulan. Mereka dikasih tugas, kita follow up terus," ucap dia.

Dengan itu, Santika berharap, ke depannya akan lebih banyak komunitas digital, startup, ataupun pelaku UMKM yang tertarik belajar di Indigospace SDK Semarang.

"Kita ingin membantu dan akhirnya berdampak, karena sebenarnya kita saling membutuhkan satu sama lain," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/06/224150978/indigospace-semarang-digital-kreatif-wadah-komunitas-di-kota-semarang-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke