Salin Artikel

Kisah Maria, Meninggal di Pikap Usai Kendaraan 5 Jam Tertahan di Jalanan Rusak

Warga Kampung Raca, Desa Golo Keli, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, NTT itu meninggal karena mobil pikap yang mengantarnya dari Puskesmas Tentang, Kecamatan Ndoso, tertahan di jalan rusak.

Kabar meninggalnya Maria menjadi perbincangan setelah akun atas nama @Nana Hiron di Facebook mengunggah kisah tersebut pada Selasa (6/9/2022 pagi.

“Pasien meninggal di dalam mobil di daerah persawahan Sano tentang Manggarai barat. Yang dipertanyakan, ke manakah mobil ambulance berkendara? Dan sampai kapan jalan ini diperbaiki? Ini sudah ada korban. Perbaikilah jalan ini supaya nama beliau-beliau yang ada di kantor kantor dipercayakan lagi di pemilihan berikutnya. Ndurus wae lu'u gami denge kreba ho ew tuang mese ? lelo Koe Ami lite ata one pedesaan ta mori,” tulis Nana Hiron dalam unggahan tersebut.

Penjelasan keluarga Maria

Frans Janggut, salah seorang keluarga korban bercerita, sekitar pukul 20.00 Wita, Maria yang sakit diberangkatkan dari kampung Raca, Desa Golo Keli terus ke Puskesmas Tentang.

Sekitar pukul 21.30 Wita, korban bersama keluarga tiba di Puskesmas Tentang.

Setelah itu, mereka mendapatkan surat rujukan untuk mengantarkan Maria ke RSUD Ben Mboi Ruteng.


Nyawa tak tertolong

Menurutnya jalan menuju ke RSUD Ben Mboi Ruteng rusak hingga sulit dilewati.

Maria terpaksa tertahan berjam-jam di mobil pikap tepatnya di Kampung Sano, Desa Momol, Kecamatan Ndoso.

“Sekitar jam 02.00 Wita dini hari, mereka di lokasi kejadian, macet karena mobil pikap tidak bisa naik. Mobil dan pasien tertahan selama lima jam," tutur Frans.

"Mungkin karena terlalu lama, pasien meninggal dalam mobil. Kalau mobil jalan terus bisa tembus Ruteng dan nyawa Maria bisa tertolong. Tapi, karena jalan jelek, ya jadinya dia tidak tertolong,” lanjut Frans.

Atas pristiwa tersebut, ia meminta pemerintah memperhatikan kondisi ruas jalan itu. Supaya peristiwa yang sama tak lagi terulang.

"Jadi kita punya harapan supaya tidak terjadi lagi ke depan. Harapan dari kami keluarga dan pada umumnya Desa Golo Keli, jalan itu diperbaiki," ujarnya.

Penjelasan Camat

Camat Ndoso, Anselmus Darman, mengatakan, warga asal Desa Golo Keli itu meninggal bukan karena tertahan di jalan rusak, tetapi memang dalam kondisi sakit parah.

"Saya sudah komunikasikan dengan kepala Puskesmas Tentang tadi, memang pasiennya dalam kondisi parah, jadi menderita sakit selama dua tahun. Dia sudah keluar-masuk rumah sakit,” kata Anselmus saat dihubungi, Selasa sore.

Ia menambahkan, dari penjelasan dokter, Maria bisa meninggal di jalan atau di rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/06/162154778/kisah-maria-meninggal-di-pikap-usai-kendaraan-5-jam-tertahan-di-jalanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke